3 Langkah Sederhana Usir Covid-19 dari Kabin Mobil

Foto: oleh Mikes-Photography dan seyhoop6 dari Pixabay
Foto: oleh Mikes-Photography dan seyhoop6 dari Pixabay

Autogear.id – Sangat memprihatinkan, pandemi Covid-19 masih belum juga mereda hingga saat ini. Bayangkan saja, sejak pertama kali beredar di Wuhan, Cina pada akhir tahun 2019, virus ini masih menyebar ke seluruh dunia, termasuk menjamah Indonesia

Bahkan kondisi terakhir di Tanah Air, korban yang terpapar gelombang Covid-19 telah menembus angka sekitar 20 ribu dalam sehari. Jumlah terbesar, selama pandemi ini melanda Indonesia. Sejumlah rumah sakit pun pada akhirnya kewalahan menerima pasien yang berobat.

Alhasil, akibat penyebaran dari virus ini, kita sebagai umat manusia dituntut untuk berperilaku lebih bersih, dengan menerapkan protokol kesehatan, dalam rutinitas harian yang kita lakukan.

Bagi kalian yang menggunakan mobil pribadi dalam menjalankan rutinitas kerja, kalian wajib memerhatikan kebersihan mobil kalian. Utamanya di bagian kabin, demi menghindari penyebaran virus di dalamnya.

Bagaimana mengusir virus Covid-19 dari kabin mobil? Ikuti tiga langkah sederhana berikut ini:

1. Matikan Re-Sirkulasi AC Mobil
Pendingin udara atau AC di dalam kabin mobil bisa saja menjadi salah satu perantara tersebarnya Covid-19. Perlu diperhatikan pula apakah ketika berkendara, kita menggunakan cara re-sirkulasi alias daur ulang udara internal? Atau pendingin tersebut menarik udara dari luar?

Karena itu, matikan tombol re-sirkulasi saat masuk ke dalam mobil. Langkah ini dilakukan supaya udara di dalam mobil tergantikan oleh udara baru yang masuk dari luar. Sebab jika tidak ada pergantian udara, dikhawatirkan udara yang mengendap di dalam kabin telah terkontaminasi virus-virus jahat termasuk Covid-19.

2. Sesekali Buka Kaca
Lakukan kegiatan membuka kaca pada jendela mobil, untuk mendapatkan ventilasi udara yang lebih optimal. Ini adalah cara tercepat dan paling efisien, memastikan aliran udara segar yang stabil. Dapat membantu melarutkan partikel virus, yang mungkin ada dalam kendaraan.

Seperti dilansir dari Bestoflife, saat jendela ditutup, virus-virus jahat seperti Covid-19 berisiko akan terakumulasi di kabin mobil. Jika di dalam mobil tersebut ada seseorang yang batuk-batuk, maka konsentrasi virus menumpuk tanpa pengenceran dapat terjadi. Jadi sesekali bukalah kaca jendela mobil supaya konsentrasi virus-virus jahat tadi dapat terurai.

3. Semprot Kabin dengan Air Disinfectant
Cara pamungkas  paling mudah adalah rutin menyemprot kabin kendaraan menggunakan Air Disinfectant. Fungsi dari barang satu ini adalah untuk mensterilisasi udara di dalam kabin mobil. Fungsinya selain dapat membantu menghilangkan bakteri maupun aneka virus jahat, Air Disinfectant juga mampu membuat sirna bau tak sedap.


(acf)