Kesan Pertama Bareng Mitsubishi XForce : Menyenangkan!

Mitsubishi XForce sebagai mobil yang menyenangkan ketika pertama kali bisa mengendarainya melintasi tiga kota di Indonesia - AG/Alun
Mitsubishi XForce sebagai mobil yang menyenangkan ketika pertama kali bisa mengendarainya melintasi tiga kota di Indonesia - AG/Alun

Autogear.id - Tiga hari sudah, berkesempatan menjajal langsung performa Mitsubishi XForce jelajahi sejumlah rute di tiga kota, Solo - Semarang - Yogyakarta. Banyak hal menarik bisa digali dari kendaraan yang bertarung di segmen SUV kompak 5 penumpang ini.

Mulai dari perwujudan eksterior yang khas Mitsubishi, dengan semangat berpetualang yang sedang digadang-gadangkan oleh pabrikan Jepang tersebut. Hingga kemampuan mesin dan segudang fitur dari mobil yang sudah lebih dari 900 unit sampai ke tangan konsumen ini.

Mengawali uji kendara dari Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah (7/12/2023). Bicara penampakan XForce dari luar, kiranya memang sulit untuk tidak mengakui kalau mobil ini mengantongi karakter kental dari desain terkini Mitsubishi.

Konsep silky dan solid, dengan identitas desain New Generation Dynamic Shield. Lampu utama T-Shape yang futuristik didukung kombinasi lampu belakang stylish. Sokongan ban 18 inci nya menghasilkan profil kuat dari sebuah autentik SUV.

Sementara masuk ke dalam ruang kabin, nilai jual yang ditawarkan langsung tersaji melalui sejumlah fitur. Duduk di kursi pengemudi, segera disodorkan ragam tampilan. Baik di Digital Driver Display 8 inci, yang memberi informasi beragam dan mudah dibaca dengan visual berkualitas tinggi. Begitupula di konsol kemudi dan head unit.

Wet Mode Pertama pada Model Mitsubishi

Ada setingan Drive Mode dengan menu Normal, Wet, Gravel, dan Mud pada kemudi. Menu Wet ini pertama kali disematkan pada model Mitsubishi Motors. Lalu tersedia pula tombol Cruise Control, untuk akselerasi berkendara terasa lebih aman, nyaman dan optimal.

Kemudian perangkat Advanced Monolithic Display & Meter, terdiri dari Smartphone-link Display Audio 12,3 inci yang tawarkan visual kualitas tinggi. Sematkan fungsi serta konten Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay. Interior juga dilengkapi horizontal axis instrument panel dengan Mélange dan Mocha; Floating Console; serta Ambient Lighting.

Tekan tombol start seraya pijak pedal rem. Lalu pindahkan tuas transmisi berteknologi CVT ke posisi D, dan lanjut injak pedal gas. Tarikannya sontak terasa menjambak. Sepanjang perjalanan pun sempatkan diri mengeksplorasi berbagai fitur. Seperti fitur Driving Score, yang memberikan penilaian terhadap prilaku berkendara dari pengemudi.

Auto Climate Teknologi Panasonic Nanoe-X

Selama mengemudi, kabin juga terasa sejuk oleh hembusan Dual Zone Auto Climate Control, berteknologi Panasonic, Nanoe-X dan Memory Function. Selain mendinginkan, juga dapat membunuh bakteri dan kuman, hilangkan aroma tak sedap di kabin. “Buat perempuan, teknologi ini juga membantu kulit tidak kering karena pendingin kabin lho! Jadi kulit tetap halus dan segar, meski melakukan perjalanan jauh” ungkap Head of PR & CSR Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Aditya Wardani, di Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/12) petang.

Oh iya, di dekat Floor Console Box dengan Armrest juga terdapat kotak pendingin. Dapat menyimpan 4 botol kecil air mineral, dan panganan ringan. Sangat membantu ketika kita ingin menikmati minuman dan panganan dingin seperti es krim. Atau menjaga coklat kesukaan tetap beku, tak meleleh kepanasan.

Melibas beragam kontur jalan yang ada, Ground Clearance 222mm bikin pengendara lebih pede. Ditambah Well-Tuned Suspension, membuat berkendara kian tawarkan kenyamanan. Meliuk-liuk melahap sejumlah tikungan dan permukaan jalan tak rata.

Berkendara makin mantap dengan topangan Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HAS) yang membantu mobil tidak merosot di tanjakan. Serta Blind Spot Warning (BSW), yang memberi informasi kepada pengemudi jika ada kendaraan, kendati tak terlihat pantauan mata pengemudi.

Suara Bulat Dynamic Sound Yamaha Premium

Menikmati indahnya pemandangan di kiri dan kanan jalan, bertambah lengkap dengan alunan suara merdu keluar dari perangkat audio kualitas tinggi terkoneksi head unit. Dynamic Sound Yamaha Premium, sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi Mitsubishi Motors dengan Yamaha musik. Libatkan insinyur Mitsubishi dan Sound Meister Yamaha.

“Hasilnya ciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi. Didukung 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara. Serta fitur Speed Compensated Volume (SCV). Diimbuhi 8 speaker terintegrasi, mengeluarkan suara yang terdengar bulat di telinga. Suara dari luar takkan masuk ke dalam kabin,” tutur Technical Service Dept. MMKSI, Gempar Dwi Pambudi.

Buka Pintu Bagasi dengan Sensor Kaki

Merasakan duduk di kursi penumpang belakang, terasa Top-Class Roominess dari mobil ini. Optimalkan kelapangan yang ditawarkan dari Shoulder, Leg dan Hip Room ruang kabin di seat pengemudi dan penumpang. Diperkuat 8-step Reclining (17 hingga 33 derajat), konfigurasi kursi belakang 40:20:40, seat material dengan Anti Heat Guard. Sebagai penumpang, tidur terasa nyenyak menempuh perjalanan antar kota.

Kendaraan ini juga mengedepankan Top-Class Cargo Space, dilengkapi beragam ruang penyimpanan dan kargo serba guna, dapat diatur sesuai kebutuhan. Membuka pintu bagasi untuk menyimpan barang-barang, Hands-free Power Liftgate memberi kemudahan dan kepraktisan dengan sensor kaki.

Setelah dua hari menjadi penumpang dan pengemudi XForce, pada touring Solo - Semarang - Yogyakarta bertajuk “XForce Infinite Xcitement Media Adventure” (7-9/12/2023). Kesan yang tersisa adalah sangat menyenangkan. Berkendara bareng mobil bermesin 1.499cc, DOHC 16-valve 4-silinder, dengan daya maksimum 77kW/6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm/4.000 rpm, serta kapasitas tangki 42L ini.


(uda)