Mobil Baru

Mainan Baru Jeep Indonesia Grand Cherokee Gen-5, Apanya yang Baru?

Jeep Grand Cherokee Generasi kelima ini mengusung teknologi serba baru. AG-Uda
Jeep Grand Cherokee Generasi kelima ini mengusung teknologi serba baru. AG-Uda

Autogear.id – Janji PT DAS Indonesia Motor (DIM) membawa model Jeep paling premium, yaitu Grand Cherokee 2023 akhirnya terwujud hari ini Rabu (17/5/2023). Grand Cherokee ini adalah generasi kelima dengan kode body WL, setelah beberapa generasi sebelumnya selalu mendapatkan angka penjualan yang baik, di seluruh Dunia. 

Chief Operating Officer PT DIM, Dhani Yahya menyampaikan bahwa hadirnya Grand Cherokee model terbaru ini akan mengisi ceruk pasar niche (terbatas karena premium) yang selama ini dikuasai oleh merk-merk Eropa. Jeep hadir dengan kondisi konsep yang berbeda. "Dengan konsep ini pula mereka mengklaim mobil tersebut tetap serba guna dan berbeda konsep dengan Jeep yang sudah sangat terkenal di Indonesia seperti Jeep Wrangler Rubicon ataupun Sahara," papar Dhani Yahya.

Ada Dua Tipe Mesin
Hadir dengan kode body WL-74 dan WL-75, mobil ini tersedia dalam satu pilihan mesin yaitu Hurricane 4-cylinder in-line segaris, dengan kapasitas 2.000cc, Direct Injection Turbo. Dipadu dengan transmisi 8-Percepatan, dan menggunakan Rotary Selection Gear pada center console. Seperti layaknya Jeep yang dapat digunakan disegala medan, mode pemilihan untuk traksi kendaraan dapat dipilih melalui Toggle Selection Lever. 

Di mana pengendara dapat memilih berbagai pilihan mode kendara yang disebut Selec-Terrain® Traction Management System dan pengendara dapat memilih berbagai pilihan kendara off-road seperti Auto, Sport, Rock, Snow, Sand/Mud. Sistem pengendaraan off-road ini diteruskan ke keempat roda menggunakan Quadra-Trac 1® Full-Time Single-Speed Active Transfer Case Four-Wheel-Drive (4WD) System. Lalu ada juga mesin Pentastar 3.600cc V-6 dengan transmisi 8-kecepatan, dan memiliki 3 baris tempat duduk atau 7-Seater, dan dikenal dengan kode body WL-75.

Baca Juga:
Toyota Rilis Yaris Cross, SUV Full Hybrid Pertama di Segmen B

Dari sisi desain bodi, Jeep tak lupa menyematkan “7-Slot Grille” yang tak pernah absen di mobil-mobll mereka yang kali ini tampil lebih modern dan mewah dengan penggunaan Head-Lamps full LED yang lebih pipih atau slim. Fitur lain seperti Day-Time Running Lights, LED Fog-Lamps, tampilan lampu buritan, dengan teknologi full LED dan desain yang slim, jadi bagian yang tak terlupakan mendapat pembaruan. 

Dari sisi rancang bangun dan struktur body, mobil berkonsep maskulin ini mengadopsi sistem “uniframe body” atau body mobil yang menyatu dengan rangka. Berbeda konstruksi dengan Wrangler dan beberapa model lainnya. Grand Cherokee Gen-5 ini mengadopsi teknologi terbaru dengan penempatan mesin tepat berada diatas penggerak roda bagian depan atau “Engine on Axle”. Efeknya jelas posisi mesin yang lebih presisi, Center of Gravity lebih baik dan pastinya lebih stabil.

Fitur dan Interior
Bagin pertama yang menarik mata adalah jok setiap barisnya dibalut dengan kulit asli berwarna Beige, dilengkapi pemanas. Namun khusus untuk jok depan, ada tambahan ventilated seat sehingga lebih adem di kondisi perjalanan jauh. Lalu ada fitur pemanas steering wheel. Beralih ke fitur dan teknologi, penggunaan “U-Connect 5 inci Audio dengan 10.1 Touch-Screen Display, dari ALPINE Premium sound, dengan 9-amplifier speakers dan Sub-Woofer, tentu jaminan pemanja telinga. 

Tak ketinggalan Heads-Up Display sehingga memberikan kenyamanan lebih dalam berkendara. Di mana pengemudi bisa lebih fokus dalam berkendara tanpa mengalihkan pandangan dari kaca depan. 

Baca Juga:
Aksi Ratusan Mahasiswa ITS Surabaya Gelar Servis Gratis

“Harga yang Kami tawarkan untuk mobil ini mulai Rp1.755.000.000 off the road Jakarta, dan tersedia dalam dua pilihan warna exterior saja. Yaitu Diamond Black dan Baltic Grey Metallic. Kedua warna tersebut adalah warna paling favorit sekaligus menonjolkan kesan premium yang lebih kental terutama untuk pasar di Indonesia. Kami tak muluk-muluk untuk target penjualan, bisa menjual 50 unit setahun saja sudah jadi pencapaian besar untuk segmen SUV premium ini."


(uda)