Unit Terbatas, Ninja Seri Anniversary ke-40 Mendarat di Bumi Nusantara

Kawasaki Ninja ZX-10R Seri Anniversary ke-40, merupakan salah satu dari tiga model yang dibawa PT KMI ke Tanah air - KMI
Kawasaki Ninja ZX-10R Seri Anniversary ke-40, merupakan salah satu dari tiga model yang dibawa PT KMI ke Tanah air - KMI

Autogear.id – Ninja seri anniversary ke-40 dihadirkan PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) ke Bumi Nusantara. Ada tiga model seri ini yang didaratkan KMI di tanah air, yaitu Ninja ZX-10R, ZX-6R dan ZX-4RR. Ketiganya sudah ada di kantor pusat KMI, di Jl. Abdul Muis, Jakarta Pusat, Kamis (21/03/2024).

Tampilan tiga motor baru tersebut mengusung livery retro tahun 1990-an. Dimana sportbike ini mulai melejit kembali, setelah digunakan Jonathan Rea tiga tahun lalu. Yaitu pada ajang balap motor tahunan, di kejuaraan World Super Bike (WSBK) Mandalika, Lombok, NTB.

Menyesuaikan dengan nama pendahulunya, Kawasaki ZXR750, tiga model ini sematkan tiga warna identik, yakni Lime Green, Pearl Crystal White and Blue. Logo “Kawasaki” besar di fairing samping, dan lambang ke-40 tahun, juga menjadi salah satu ciri khasnya.

Rangka serta swingarm di cat perak, sebagai bukti Kawasaki tidak setengah-setengah dalam membuat desain. Memiliki spesifikasi mesin berbeda-beda, Ninja ZX-10R bertenaga 156.8 (213 PS)/13.200 rpm with Ram Air. Sementara power untuk Ninja ZX-6R adalah 95.2 kW (129 PS)/13.000 rpm with Ram Air. Sedangkan Ninja ZX-4RR bertenaga 56.7 kW (77 PS)/14.500 rpm with Ram Air.

Dikatakan Dept. Head Sales & Promotion KMI, Michael C. Tanadhi, tiga unit motor ini hadir dengan jumlah terbatas. Untuk Ninja ZX-10R hanya ada 5 unit, Ninja ZX-6R sebanyak 10 unit, dan ZX-4RR tersedia 10 unit. Padahal antusiasme Kawasaki Lovers dengan kehadiran Ninja edisi Anniversary ke-40 ini sangat tinggi.

“Kami hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih, atas antusiasme positif dari Kawasaki lovers, dan masyarakat Indonesia. Dimana selama ini telah ikut meramaikan dunia otomotif, khususnya segmen sportbike. Sebagai salah satu item koleksi, bagi para penggemar Kawasaki,” ucap Michael.

Berbicara tenaga yang dihasilkan masing-masing model, Kawasaki yang selama ini mengejutkan jagad raya, diakui telah meng-upgrade tenaga yang dimiliki ketiganya. Apalagi three-colour livery motor yang digunakan Jonathan Rea, memiliki ciri khas tersendiri. Memberi gelar pertama WSBK buat Kawasaki. Saat itu ZXR750 H2 dikendarai Scott Russell dari tim Muzzy Kawasaki, dan mematahkan dominasi tim Ducati.

Identik dengan warna biru yang digunakan ulang pada edisi anniversary, dan dipadukan warna putih hijau. Mengingatkan pada warna yang digunakan ZXR750 di tahun 1989. Mesin supersport ini juga memiliki gaya identik dengan pembalap.

Pada tangki bensin terdapat logo ke-40 Ninja Anniversary, yang didesain mirip stiker kejuaraan. Mengingatkan pada ajang balap era 80-an. Tulisan Kawasaki berwarna biru, di atas dasar berkelir putih pada fairing, diposisikan dengan ukuran dan keseimbangan ideal pada setiap model.

Rangka dan swingarm Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-4RR dikelir perak. Juga mengenang komponen aluminium yang digunakan era 80 dan 90-an.

Front fork dari Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R dicat emas, terinspirasi dari front fork ZXR400/250. Warna emas yang digunakan seri anniversary ini lebih cerah, dibandingkan dengan pendahulunya. Kemudian warna Lime Green pada roda bagian depan dan belakangnya juga penanda ciri khas 40 tahun kehadiran Ninja di dunia.


(uda)