Autogear.id - Perjalanan panjang saat liburan menggunakan kendaraan pribadi, menjadi salah satu pilihan transportasi yang digemari.
Meskipun kadangkala dalam perjalanan tersebut, ada saja situasi yang sulit diprediksi. Misalnya kendaraan mogok di jalan tol.
Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari kemacetan panjang, yang membuat mobil kehabisan bensin.
Hingga persoalan lain, menyangkut kondisi komponen mobil yang kurang perawatan. Auto2000 pun mencoba berbagi tips, untuk menyikapi situasi tersebut.
Peka Terhadap Kondisi Mobil
Ini hal yang paling utama. Mulai dari cek meter BBM di layar indikator, suhu mesin, hingga peka terhadap tanda-tanda tak biasa. Seperti mobil ngadat, AC tidak dingin, dan lainnya.
Menjadi antisipasi awal, hendaknya pengguna memposisikan mobil di lajur yang aman. Bila mobil ternyata mogok, posisinya dekat dengan bahu jalan.
Pinggirkan Mobil Perlahan
Ketika mobil berangsur mogok, gunakan sisa tenaganya dari mesin atau pedal kopling untuk menepi dengan aman.
Jangan lupa, nyalakan lampu sein ke kiri, dan tidak nyalakan hazard. Ketika mobil sudah posisi aman, barulah nyalakan lampu hazard, untuk memberi tanda kendaraan di belakang.
Jangan Langsung Keluar Mobil
Kondisi mobil mogok umumnya bikin panik, mendorong pengemudi atau penumpang buru-buru keluar mobil. Sekadar mengecek, atau mau mendorong mobil. Hal ini tidak diperkenankan.
Sebaiknya tetap berada di dalam mobil, dengan kondisi menyalakan lampu Hazard. Bila sudah aman, barulah keluar dari mobil dengan perlahan dan hati-hati.
Pilihan Tetap di Dalam Mobil
Tetapi, jika kendaraan berhenti mendadak di tengah jalan tol. Segera nyalakan lampu hazard, dan usahakan tetap berada di dalam mobil, demi keamanan.
Terutama jika lalu lintas padat, lebih baik pengguna menunggu bantuan datang, dibandingkan keluar dari mobil dan menempatkan diri di area berbahaya.
Kontak Hotline Tol Terdekat
Jalan tol di Indonesia memiliki layanan hotline, siap membantu dalam situasi darurat. Pengguna bisa langsung menghubungi hotline dari operator tol di area tersebut.
Layanan ini akan segera mengirim bantuan, baik dari Mobile Customer Service atau Unit Patroli Jalan Raya (PJR). Membantu evakuasi hingga gerbang tol terdekat.
Hubungi AstraWorld (AWO)
Bila membeli mobil di Auto2000, pengguna akan mendapat pelayanan dari AstraWorld. Caranya hubungi 1-500-898, dengan menginfokan lokasi mogok.
AstraWorld membantu pengguna yang terkendala, atau menghadapi situasi darurat di jalan. Seperti mogok, kunci tertinggal di dalam mobil, ban kempes, dan lainnya.
Layanan diberikan gratis selama 5 tahun, dari tanggal pembelian, untuk mobil-mobil yang terdaftar sebagai anggota AstraWorld.
Persiapkan Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh
Terlebih ketika ke luar kota, pastikan pengecekan menyeluruh di bengkel resmi atau mekanik terpercaya Auto2000. Servis berkala membantu cegah mobil mogok di jalan.
(uda)