Smart Key pada Motor Honda, Waspadai Jika Terkena Air!

Fitur smart key pada motor Honda, waspadai jika terpapar air! - AHM/DAM
Fitur smart key pada motor Honda, waspadai jika terpapar air! - AHM/DAM

Autogear.id – Astra Honda Motor baru saja meluncurkan All New Honda BeAT, dimana salah satunya adalah tipe Deluxe Smart Key, yang diperkuat fitur Smart Key dan Alarm. Diketahui, Honda Smart Key adalah fitur keamanan dan kenyamanan tambahan yang ditawarkan pabrikan motor Honda. Memungkinkan pengguna membuka dan menutup bagasi, menghidupkan mesin, dan mengunci kemudi, tanpa perlu kunci konvensional.

Sub Dept. Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, secara keseluruhan, Honda Smart Key dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengendara, dan memberi tingkat keamanan tambahan saat mengendarainya.

Namun, penggunaan fitur ini harus benar-benar dijaga atau dirawat optimal. Terutama dijaga supaya tidak kena air. “Piranti ini merupakan rangkaian elektronik, berukuran kecil dan kompak. Rentan terhadap kerusakan jika terkena air,” ungkap Ade.

Lanjut Ade, dalam hal ini dampak yang bisa terjadi tergantung pada seberapa besar paparan air, terhadap komponen tersebut. Serta seberapa baik sistem kunci tersebut dirancang untuk tahan terhadap kelembaban.

Jika air masuk ke dalam Honda Smart Key, dapat mengganggu fungsi elektronik dan menyebabkan kunci tak berfungsi dengan baik. Akibatnya, mungkin tidak dapat mengakses atau membuka sistem yang terhubung di motor. Seperti SCU (Smart Control Unit) dan ECM (Engine Control Module), serta tidak dapat menyalakan mesin.

Air berisiko merusak komponen elektronik di dalam remote, seperti sirkuit, tombol, atau sensor. Jika terjadi, kunci mungkin perlu diperbaiki atau diganti. Paparan air juga bisa menyebabkan korosi pada beberapa bagian internal kunci. Terutama air yang mengandung bahan kimia atau garam. Korosi bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kunci, dan mempengaruhi fungsi secara keseluruhan.

Selain itu, kunci mungkin menjadi lambat dalam merespon perintah pengguna setelah terkena air. Jika air masuk ke dalam bagian baterai remote, dapat merusak baterai dan mengganggu daya tahan keseluruhan.

Menurut Ade, jika Honda Smart Key terkena air, jangan langsung panik. Ambil langkah-langkah berikut untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

1. Segera lap remote dengan handuk atau kain bersih, untuk menghilangkan kelembaban sebanyak mungkin dari permukaan luar kunci. Jangan menyalakan remote atau menggunakan fungsi elektroniknya selama masih basah atau lembab.

2. Jika Honda Smart Key memiliki baterai yang dapat dilepas, segera lepaskan baterai dari kunci, untuk mencegah korosi atau kerusakan pada baterai.

3. Biarkan remote kering alami di tempat hangat dan berangin. Hindari mengeringkan dengan menggunakan alat pemanas, seperti hair dryer. Karena panas berlebih dapat merusak komponen elektronik di dalam kunci.

4. Setelah remote benar-benar kering, periksa fungsi-fungsi utama seperti mengunci dan membuka kemudi, hidupkan mesin, dan membuka bagasi. Pastikan kunci berfungsi dengan baik sebelum digunakan kembali.

Jika masih khawatir tentang kerusakan pada remote setelah terkena air, kunjungi AHASS terdekat. Teknisi dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan memberikan saran atau perbaikan yang diperlukan.


(uda)