Jelang Balapan Bersejarah Indy 500, Honda Jaga Posisi di Klasemen IndyCar Series

Jelang balapan bersejarah Indy 500, Honda jaga posisi di klasemen IndyCar Series - IG IndyCar
Jelang balapan bersejarah Indy 500, Honda jaga posisi di klasemen IndyCar Series - IG IndyCar

Autogear.id – Honda memulai musim balap IndyCar Championship 2024 dengan mempertahankan posisi terdepan di klasemen pembalap, tim dan juga manufaktur. Menjadi awal yang baik bagi Honda, jelang balapan historis Indy 500 dua pekan mendatang.

Musim balap tahun ini, Alex Palou asal Spanyol memimpin klasemen balap sementara dengan dua kemenangan dari lima seri balap yang sudah digelar. Pembalap dari tim Chip Ganassi Racing ini merupakan juara dunia IndyCar Series di musim balap 2021 dan 2023.

“Kemenangan awal Mei ini menjadi modal yang penting bagi kami. Terlebih kami akan menjalani balapan spesial sekaligus historis, pada dua pekan ke depan. Tentunya kami kembali menargetkan kemenangan,” ucap Alex.

Vice President Honda Racing Corporation USA, Kelvin Fou mengatakan, mereka berhasil mengawali dua agenda balapan penting di bulan Mei ini dengan baik. Keempat pembalapnya berhasil bertengger di lima besar.

“Kami akan berusaha mempertahankan keunggulan pada balapan berikutnya, yang merupakan agenda balapan sangat spesial bagi kami. Bertekad meraih hasil terbaik, juga memperpanjang rekor yang telah kami torehkan sebelumnya,” ujar Kelvin. 

IndyCar Championship 2024 berlangsung 17 putaran, sejak Maret hingga September. Memperlombakan balapan single seater dan open wheel. Perhelatan di berbagai trek beragam, mulai dari oval hingga sirkuit di Amerika Utara. Balapan ini butuh ketahanan mesin mumpuni, serta konsentrasi penuh dari pembalap, karena dilakukan dalam jumlah putaran yang banyak.

Adapun seri balap selanjutnya adalah Indy 500 yang akan digelar di sirkuit Indianapolis Motor Speedway. Ajang balap ini sudah digelar sejak 108 tahun lalu, dan merupakan ajang balap tertua di dunia. Honda berhasil torehkan prestasi di ajang balap bergengsi, sekaligus historis itu dengan menjadi juara sebanyak tujuh kali.

HRC Suplai Mesin Balap untuk Lima Tim

Tahun ini Honda melalui HRC (Honda Racing Corporation) secara konsisten berpartisipasi sebagai pemasok mesin balap, pada ajang balap IndyCar sejak tahun 1996. Hingga kini Honda berhasil menjadi manufaktur paling banyak meraih trofi kejuaraan. Yakni 5 gelar untuk kategori pembalap, dan 4 gelar untuk kategori manufaktur. Honda tercatat pertama kali menjuarai ajang balap IndyCar pada tahun 2004.

Selain itu, di tahun ini Honda menyuplai mesin balap untuk lima tim di ajang balap IndyCar. Mereka adalah tim Chip Ganassi Racing, Andretti Global, Dale Coyne Racing, Meyer Shank Racing dan Rahal Letterman Lanigan Racing. Selain itu, juga menjadi titel sponsor untuk beberapa agenda balap seri IndyCar tahun ini, seperti Long Beach, Indy 200 Mid-Ohio, serta Toronto.


(uda)