Ini Museum yang Perkuat Posisi Mandalika Sebagai Destinasi Balap Kelas Dunia

Ini Museum yang Perkuat Posisi Mandalika Sebagai Destinasi Balap Kelas Dunia
Ini Museum yang Perkuat Posisi Mandalika Sebagai Destinasi Balap Kelas Dunia

Autogear.id - Sejarah baru telah dicatat Indonesia, sebagai negara pertama di dunia yang menjadi rumah dari Pertamina MotoGP Experience Gallery. Bertempat di Pertamina Mandalika International Circuit, kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diresmikan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dan PT Pertamina (Persero), dimana peresmiannya menandai capaian penting bagi Indonesia. Sekaligus memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit sebagai destinasi balap kelas dunia.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menyampaikan, peresmian gallery ini tidak hanya memperkokoh posisi Mandalika sebagai destinasi balap internasional. Tetapi juga berkontribusi besar bagi sektor pariwisata di Lombok Tengah.

“Galeri ini diharapkan menarik minat wisatawan domestik maupun internasional. Menjadikan Mandalika sebagai sport and entertainment tourism destination, yang menyeluruh. Sekaligus secara lebih luas memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia kepada dunia,” katanya.

PT Pertamina (Persero) sebagai pendukung utama Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2024 mengaku berkomitmen, mendukung perkembangan ekosistem pariwisata di Indonesia, melalui kolaborasi strategis.

“Kami bangga menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Kehadiran museum ini tak hanya memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit sebagai destinasi balap kelas dunia, tetapi juga sebagai pusat edukasi dan informasi sejarah perjalanan dunia balap motor,” ungkap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Menurutnya hal ini selaras dengan visi Pertamina, mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia, termasuk dalam sektor pariwisata dan olahraga. Kehadiran galeri ini tidak hanya memperkaya pengalaman pengunjung selama balapan berlangsung. Melainkan juga menjadi magnet wisata sepanjang tahun.

Gallery ini sajikan ragam memorabilia dari dunia MotoGP. Seperti helm, mini bike, dan barang-barang ikonik yang pernah digunakan para pembalap. Selain itu, juga terdapat berbagai instalasi dan aktivitas digital interaktif di Kids Corner (Race With Wheelie). Augmented reality di maket sirkuit di area “The Twists and Turns”, serta miniatur laboratorium dari Pertamina.

Sementara Direktur Utama ITDC Ari Respati mengungkapkan, galery ini akan menjadi warisan penting bagi dunia otomotif, khususnya MotoGP. “MotoGP adalah salah satu event olahraga terbesar di dunia. Kehadiran Pertamina sebagai sponsor utama merupakan wujud dari kontribusi dan kolaborasi bersama, dalam memperkuat citra Indonesia di panggung internasional,” jelasnya.

Museum ini lanjut Ari akan menjadi ikon baru, tidak hanya menarik wisatawan global, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Melalui industri pariwisata dan event olahraga berskala internasional.


(uda)