Lokasi Rawan Kecelakaan

Himpunan Lokasi Rawan Kecelakaan Sepanjang Mudik Lebaran 2022

Berdasarkan hasil pengamatan tim liputan Autogear bahwa sejumlah titik di jalur mudik selama libur lebaran kemarin, ternyata punya potensi rawan kecelakaan lalu lintas. Ilustrasi IG
Berdasarkan hasil pengamatan tim liputan Autogear bahwa sejumlah titik di jalur mudik selama libur lebaran kemarin, ternyata punya potensi rawan kecelakaan lalu lintas. Ilustrasi IG

Autogear.id - Jutaan masyarakat baru saja melakukan kegiatan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H. Sepanjang mudik Lebaran tersebut, ada sejumlah zona paling rawan kecelakaan dibanding wilayah lain. Sehingga lokasi tersebut jadi fokus peserta mudik, mengantisipasi risiko kecelakaan lalu lintas.

Seperti dikutip dari akun instagram @pt_jasaraharja, menginformasikan tempat-tempat yang menjadi titik rawan kecelakaan. “Tingkat kecelakaan di sejumlah daerah di Indonesia cenderung lebih tinggi dibanding beberapa daerah lain. Sebagian masyarakat masih percaya penyebab kecelakaan tersebut dikarenakan hal mistis,” dikutip dari akun Instagram @pt_jasaraharja, beberapa waktu lalu.

Namun tetap saja penyebabnya bisa terjadi bukan karena hal mistis, melainkan beragam faktor. “Salah satunya kondisi jalan yang ekstrem, seperti tanjakan curam, turunan tajam, berkelok-kelok, ditambah lokasinya berada di dekat jurang atau pinggir tebing,” jelasnya lebih lanjut. Pihak PT Jasa Raharja telah merangkum setidaknya 5 (lima) zona paling rawan kecelakaan di Indonesia, yaitu :

1. Sitinjau Lauik, Sumatera Barat
Jalur ini lantaran memiliki beberapa titik yang berpotensi longsor, terutama saat curah hujan tinggi. Selain itu, jalanannya cenderung licin. Selain memiliki tanjakan tinggi, jalur ini juga punya tikungan berbentuk huruf ‘U’.

Baca Juga:
Cetak Kemenangan Pertama di F1 Miami, Verstappen Pecundangi Ferrari

Tikungan U tersebut sering dijuluki ‘rute maut’ dan esktrem di Sumatera Barat. Sebelumnya tak sedikit truk-truk bermuatan besar yang melintas mengalami rem blong dan terjun bebas ke jurang.

2. Tol Cipularang
Tol Cipularang juga menjadi salah satu zona rawan kecelakaan lalu lintas bagi pemudik, terutama di KM 90-100. Dikarenakan pada arus arah Jakarta mengalami tanjakan panjang. Sementara arus sebaliknya mengalami turunan panjang.

3. Hutan Alas Roban, Jawa Tengah
Alas Roban di Batang, Jawa Tengah juga menjadi titik rawan kecelakaan bagi pemudik. Sebagian orang memang menjuluki rute atau jalur ini sebagai ‘Jalur Tengkorak’, lantaran seringnya terjadi kecelakaan.

Kondisi jalan di jalur hutan Alas Roban memang cenderung menanjak, curam dan berkelok. Di samping itu, layaknya hutan, daerah ini banyak ditumbuhi pohon-pohon besar. Sejarahnya, rute tersebut memang jalur lintas yang dibuat dengan membelah Hutan Alas Roban.

Baca Juga:
Ducati Umumkan Agen Pemegang Merek Baru di Indonesia

4. Tanjakan Gombel, Semarang, Jawa Tengah
Ada pula Tanjakan Gombel di Semarang, Jawa Tengah. Lokasi ini termasuk rawan kecelakaan sepanjang mudik Lebaran 2022 yang baru saja berlalu. Karena memiliki kondisi jalan yang cukup curam, dan di sejumlah titik sering terjadi tanah longsor.

5. Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat
Nama jalur Cadas Pangeran mungkin sudah tak asing bagi para pengguna jalan lintas Pulau Jawa. Lokasinya di wilayah Sumedang, tepatnya di Kecamatan Pamulihan. Jalur ini termasuk akses menuju utara dari Bandung, Cirebon, Majalengka dan Kuningan.

Jalur Cadas Pangeran relatif curam, terjal, dengan beberapa tikungan tajam dan berkelok-kelok. Beberapa titik di rute legendaris ini memang sering terjadi tanah longsor, serta pohon tumbang, terlebih saat musim penghujan.


(uda)