KTT ASEAN

50 Unit Air EV Jauh-Jauh Berlayar ke Labuan Bajo, Untuk Apa?

Wuling Air ev tiba di Labuan Bajo untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN yang konsen membahas soal kelangsungan ekosistem kehidupan termasuk memaksimalkan penggunaan energi terbarukan. WM
Wuling Air ev tiba di Labuan Bajo untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN yang konsen membahas soal kelangsungan ekosistem kehidupan termasuk memaksimalkan penggunaan energi terbarukan. WM

Autogear.id – Dipastikan 50 Unit Wuling Air ev yang diproduksi di Pabrik Cikarang, Jawa Barat, telah dikirim melalui jalur laut. Mereka menempuh rute dari Jakarta menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 26 April 2023 lalu. Kehadiran puluhan roda empat itu tak lain demi mendukung suksesnya mobilitas delegasi KTT ASEAN ke-42, yang akan terselenggara pada 9-11 Mei 2023 mendatang. 

Prosesi serah-terimanya sendiri dilakukan Wuling Motors secara simbolis, kepada Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Sabtu (29/4/23) kemarin. Setelah berlayar selama beberapa hari, selanjutnya mobil-mobil mungil tersebut tiba di Labuan Bajo. Sebuah wilayah di timur Indonesia, yang memiliki pemandangan alam begitu indah dan memukau, Senin (1/5/23). 

Sesampainya di Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu, Pelindo 3 pada pagi hari, semua unit kendaraan tersebut langsung bergerak. Konvoi menuju Wuling Labuan Bajo Pool. Di lokasi itu dijadwalkan bakal dilakukan proses pengecekan.

Usai diboyong dan sampai di Pool (2/5/23), puluhan mobil listrik berukuran kompak tadi segera menjalani persiapan final. Sebelum konferensi internasional itu mulai dilaksanakan pekan depan. Dikatakan Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, kedatangan mobil-mobil listrik itu sebagai awal partisipasi perusahannya. 

Baca Juga:
65 Unit Mobil Listrik Toyota Bakal Wara-Wiri di KTT ASEAN

Khususnya mendukung mobilitas ramah lingkungan, dalam gelaran konferensi pemimpin negara-negara ASEAN di Indonesia ini. “Sebanyak 50 unit Air ev telah sampai di Labuan Bajo, dan siap memberikan pengalaman berkendara ramah lingkungan. Terutama bagi para delegasi selama perhelatan internasional itu berjalan,” terang Dian.

Seluruh unit yang didatangkan ke Labuan Bajo ini merupakan varian Long Range, dengan kelir body Pristine White. Electric vehicle merek asal Cina itu mampu menempuh jarak hingga 300 km, dalam satu kali pengisian baterai penuh. Sehingga sesuai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para delegasi nantinya.

Dian dalam keterangannya juga menjelaskan, seluruh pengemudi yang mengantarkan unit-unit mobil ini telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Dalam perjalanan menuju Labuan Bajo Pool pun, konvoi tersebut dikawal pihak berwenang. Supaya memastikan keselamatan dan keamanannya selama proses pengantaran.

Sewaktu memasuki area Pool tepat sebelum matahari terbenam, bertahap setiap unit didata dan diperiksa kesiapannya secara teknis. Kerja sama tim gabungan purna jual dan manufaktur. Hal ini dilakukan dalam rangka pendataan unit, sebelum dimasukan ke dalam manajemen perawatan unit melalui aplikasi.

Baca Juga:
Selama 5 Hari IIMS Surabaya, EV Bakal Dapat Porsi Lebih

Usai diperiksa secara seksama, pihak pabrikan memastikan bahwa 50 unit yang mereka kirim dalam kondisi baik. Semua unit siap untuk mendukung mobilitas para petinggi negara peserta KTT.


(uda)