Begini Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu

Cara membedakan suku cadang kendaraan yang asli dan palsu - SIS
Cara membedakan suku cadang kendaraan yang asli dan palsu - SIS

Autogear.id - Memilih serta menggunakan suku cadang asli sesuai spesifikasi pabrikan, merupakan bagian penting dan tidak dapat dipisahkan dari kendaraan. Juga sebagai salah satu penentu, untuk memastikan keperluan jaminan keselamatan sebagai pengendara maupun penumpang. Menopang daya tahan kendaraan optimal, agar perjalanan tidak terganggu dan terkendala.

Suzuki mengimbau setiap pelanggan, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari suku cadang asli untuk segala produk kendaraan Suzuki. Seperti dikatakan Spare Parts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Christiana Yuwantie, dengan menggunakan suku cadang asli, performa kendaraan tetap baik dan sesuai standar.

Seiring perkembangan teknologi, gampang mengembangkan suku cadang tiruan. Sebagai produsen yang peduli dengan keberlangsungan penggunaan kendaraan di tangan konsumen, kami anjurkan agar para pelanggan setia menggunakan suku cadang asli. Dapat dibeli langsung melalui jaringan dealer resmi atau aplikasi MySuzuki,” jelas Christiana.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa suku cadang sangat signifikan dalam menentukan performa dan umur pakai kendaraan. Yang mana pada akhirnya juga dirasakan dalam segi keamanan dan kenyamanan ketika berkendara sehari-hari.

Tetapi timbul pertanyaan, bagaimana bisa memastikan kalau suku cadang tersebut asli atau tiruan? Suzuki Indonesia bantu memberikan rekomendasi.

Manfaat Suku Cadang Asli

Setiap suku cadang memiliki fungsi berbeda-beda, yang bila digabungkan maka komponen-komponen ini akan saling mempengaruhi satu sama lain. Sehingga kendaraan dapat berfungsi secara maksimal. Oleh sebab itu, sangat penting memperhatikan penggunaan suku cadang berkualitas dan sesuai anjuran pabrik.

Penggunaan suku cadang asli yang telah terstandarisasi ini dinilai menjadi jenis terbaik untuk digunakan pada kendaraan. Karena telah teruji oleh teknisi kompeten, memiliki usia pakai yang dua hingga tiga kali lipat lebih lama dibanding jenis tiruan. Sehingga menjaga kesehatan kendaraan dalam jangka panjang, pada akhirnya berpengaruh terhadap biaya perawatan kendaraan.

Membedakan yang Asli atau Palsu

Ada metode mandiri dalam membedakan suku cadang asli dengan tiruan. Perbedaan paling signifikan dapat dilihat melalui kualitas warna dan tulisan pada kemasan. Biasanya, suku cadang asli dikemas dengan kemasan khusus yang didukung dengan identifikasi berkualitas dan memiliki hologram khusus.

Bila ingin memeriksa lebih teliti dan akurat, pelanggan dapat menyesuaikan nomor seri yang ada pada kemasan suku cadang dengan katalog resmi. “Selain itu, untuk suku cadang Suzuki yang asli, dibeli di jaringan penjualan suku cadang Suzuki. memiliki garansi resmi selama 12 bulan atau 20.000 km untuk mobil, serta masa garansi 6 bulan untuk suku cadang motor dan mesin tempel kapal atau Outboard-Motor (OBM).

Penggunaan suku cadang untuk kendaraan menjadi sebuah investasi bijaksana, yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan. Sehingga kualitas kendaraan yang dimiliki dapat dipastikan tetap terjaga. Untuk memastikan suku cadang yang digunakan, pelanggan dapat membeli atau melakukan penggantiannya di bengkel resmi terdekat.

“Jika pelanggan ingin melakukan pembelanjaan dan konsultasi secara daring, kami telah menyediakan layanan MySuzuki sebagai solusi belanja suku cadang secara online. Pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui Play Store maupun App Store,” pungkas Christiana.


(uda)