NetaXperience, Begini Rasanya Sehari Keliling Kota Bareng Neta X

NetaXperience, Begini Rasanya Sehari Keliling Kota Bareng Neta X
NetaXperience, Begini Rasanya Sehari Keliling Kota Bareng Neta X

Autogear.id - Pagi yang cerah, tampak 10 unit Neta X sudah berbaris rapi di salah satu dealer mobil Neta di Jl. Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Unit-unit yang baru keluar dari pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat tersebut siap diajak puluhan jurnalis, melibas kepadatan lalu lintas di seputar Kota Jakarta dan Tangerang.

Yap, sedikitnya 20 media dalam batch 1 berkesempatan melakukan uji kendara perdana Neta X. Mengambil titik start dari dealer Neta Kelapa Gading, menuju kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten. Untuk kemudian kembali finis di dealer Neta Kelapa Gading pada sore harinya, Selasa (17/9/2024).

Konsep uji kendaranya sendiri tergolong menarik. Jadi rombongan media tidak perlu dikawal petugas kepolisian, atau konvoi bareng terus selama acara. Cukup pelepasan oleh petinggi Neta di halaman dealer. Lalu masing-masing unit bebas kemana saja, dengan penentuan lokasi rekomendasi untuk disinggahi yaitu Monumen Nasional (Monas), Kawasan Kota Tua, dan Patung Soekarno-Hatta di PIK 2.

“Kami beri kebebasan teman-teman media mengeksplorasi Neta X keliling Jakarta. Tetapi siangnya harus sudah sampai di PIK 2 untuk lunch. Setelah itu bebas mau kemana-mana lagi, yang penting finis sore hari di Neta Kelapa Gading lagi ya, bukan di rumah masing-masing,” ujar PR & Dealer Marketing Manager, Christy Lianto, seraya bercanda.

Satu unit Neta X terdiri dari dua orang perwakilan jurnalis. Autogear.id kebetulan mendapat mobil dengan urutan abjad F, berkelir hitam. Langsung saja bersiap masuk ke dalam mobil. Duduk di jok empuk yang bisa diseting maju-mundur, naik-turun, dengan sandaran yang juga bisa dimaju mundurkan. Standar mobil masa kini.

Tawaran Kenyamanan Neta X

Setelah seting seat pengemudi untuk mencari posisi yang pas, lalu merekam setingan seat di fitur yang terdapat pada head unit. Tidak lupa menyetel musik, mendengarkan lagu-lagu yang sedang hits, sambil menyelaraskan maps lokasi tujuan. Safety belt pun terpasang, klik, langsung kita tancap gas.

Oh iya, sekadar informasi, untuk tuas transmisi D, R, N dan P berada di sebelah kanan kemudi ya. Sedangkan tuas lampu sein dan wiper ada di sebelah kiri kemudi. Jadi buat yang terbiasa mengendarai mobil dengan tuas lampu sein berada di kanan kemudi, atau yang terbiasa mengendarai mobil dengan tombol transmisi berada di konsol depan, kiranya perlu adaptasi singkat. Sebentar saja, tidak perlu lama-lama.

Jarak pandang pada kaca depan Neta X lumayan mengakomodir visualisasi yang luas. Untuk kaca mobil, sudah dilindungi 90 persen anti sinar UV. Mobil ini juga telah dilengkapi panoramic sunroof. Jadi kalau mau lihat puncak gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, tidak perlu leher pegal, karena mengintip dari jendela samping.

Memperhatikan detail interior kabin, kelihatan kalau SUV 5-seater ini mengusung konsep elegan. Lihat saja dashboard nya, tidak perlu sampai membuat dahi kita berkerut, karena terlalu rumit tampilannya. Kendati headunit 15,6 inci terpampang lebar di bagian tengah dashboard, sebagai pusat Intelligent kendaraan listrik ini. Tetapi tidak kelihatan mengganggu.

Neta X Didukung Belasan Sensor

Suspensi masih terasa nyaman, layaknya mobil baru yang masih segar keluar dari pabrik. Pendingin ruangan kabin juga sejuk banget. Membantu mendinginkan suhu tubuh pengguna, di tengah teriknya sinar matahari Jakarta dan PIK 2 pada siang hari bolong.

“Kendaraan ini memiliki 11 sensor. Didukung sejumlah fitur, antara lain ADAS dengan AEB, Adaptive Cruise Control, Line Keeping Assist, dan banyak lagi. Mobil ini juga Auto Pilot, tetapi pengemudi harus kontrol keadaan ya, jangan tertidur. Sudah V2L juga, dengan kapasitas listrik 3300 Watt,” ucap Marketing Product Planning Manager, Jordy Angkawidjaja, dalam ulasan singkat sedikit dari segudang fitur EV dengan TKDN 44 persen ini.

Usai berkeliling Jakarta, sambil membuat foto-foto keren Neta X di beberapa spot rekomendasi yang ada. Peserta kemudian merapat ke Remy’s Resto, restoran tepi laut di kawasan PIK 2, untuk santap siang. Usai lunch dan rehat sejenak, rombongan uji kendara masing-masing kembali ke dealer Neta Kelapa Gading.

Ternyata eh ternyata, foto-foto yang dibuat tadi ada lombanya di media sosial Instagram masing-masing peserta! Syukurnya, Autogear.id menang kategori Foto Favorit! Wah senangnya, sudah dikasih kesempatan uji kendara perdana, menang lomba foto pula. Terima kasih teman-teman Neta dan tim Juara Ide.


(uda)