Autogear.id - Ducati Indonesia perkenalkan DesertX Rally, tunggangan yang seolah merupakan reinkarnasi motor Enduro era 80 an. Diakui menjadi sebuah karya yang menggabungkan keahlian Ducati, dalam menciptakan motor jalan raya dengan kebutuhan menghadapi medan offroad yang paling berat.
Dirancang untuk menaklukkan segala rintangan di luar jalan raya, kendaraan roda dua ini memadukan keunggulan performa dengan kenyamanan untuk pengendaranya. Diklaim Ducati, menjadikan DesertX Rally sebagai pilihan tak tertandingi, buat para petualang sejati.
Desain Khas Motor Enduro Klasik
Sejumlah pihak mengatakan, desain motor ini mengusung interpretasi kontemporer dari motor Enduro klasik, yang dirancang oleh tim ahli dari Ducati Centro Stile dengan fokus pada esensialitas dan ketahanan. Tiga elemen makro yang mencakup bentuk keseluruhan yang unik, membuatnya pancarkan kekuatan dan keunikan dalam setiap detail.
Ducati DesertX Rally menggunakan mesin Testastretta 937 cm3, dengan katup Desmodromic Testastretta 11° berpendinginan cairan. Dengan karakter handal dan andal, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp pada 9.250 rpm, dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5.
Keunggulan performa Ducati yang terkenal di dunia balap, dipadukan dengan hantaran tenaga yang halus yang bisa disesuaikan. Memberikan kepercayaan diri ekstra bagi pengendaranya, untuk menjelajahi segala rute. Motor baru ini juga dilengkapi ragam fitur canggih, termasuk enam Mode Berkendara, dan empat Mode Daya yang dapat mengubah respons mesin, sesuai kebutuhan pengendara.
Dua pengaturan khusus untuk mode Enduro dan Rally, memberikan kemampuan adaptasi optimal. Sementara mode lain seperti Sport, Touring, Urban, dan Wet, memberikan fleksibilitas dalam berbagai kondisi berkendara.
Spesifikasi Teknis Ducati DesertX Rally
Engine |
Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valve train, 4 valves per cylinder, liquid-cooled |
Displacement |
937 cc (57.2 cu in) |
Bore x Stroke |
94 x 67.5 mm |
Compression Ratio |
13.1:1 |
Power |
110 hp (81 kW) @ 9,250 rpm |
Torque |
92Nm (68lb-ft,9.4kgm) @6,500rpm |
Fuel Injection |
Bosch electronic fuel injection system, Ø53 mm throttle bodies with ride-by-wire system |
Exhaust |
Stainless steel single muffler, catalytic converter, and 2 lambda probes |
Gearbox |
6-speed with Ducati Quick Shift up/down |
Clutch |
Slipper and self-servo wet multiplate clutch, hydraulic control |
Frame |
Tubular steel Trellis frame |
Front Suspension |
KYB Ø 48 mm upside-down fork, closed cartridge, compression and rebound adjustable, Kashima Coating on the outer tubes, DLC treatment on the inner tubes |
Front Wheel |
Spoked, 2.15’’x21’’ |
Front Tire |
Pirelli Scorpion Rally STR 90/90 - 21 M/C 54V M+S TL (A) |
Rear Suspension |
KYB monoshock, Ø 46 mm piston, fully adjustable (high and low speed compression, rebound), remote preload adjustment, aluminum double-sided swingarm |
Rear Wheel |
Spoked, 4’’x18’’ |
Rear Tire |
Pirelli Scorpion Rally STR 150/70 R18 M/C 70V M+S TL |
Front Wheel Travel |
250 mm |
Rear Wheel Travel |
240 mm |
Front Brake |
2 x Ø 320 mm aluminum flange semi-floating discs, Radial mount Brembo monobloc 4-pistons calipers, Bosch Cornering ABS |
Rear Brake |
Ø 265 mm disc, Brembo floating 2 pistons caliper, Bosch Cornering ABS |
Seat Height |
910 mm (35.8 in) 885 mm (34.8 in) with low seat accessory |
Wheelbase |
1,625 mm (64 in) |
Rake/Trail |
27.6°/122 mm (4.8 in) |
Fuel Tank Capacity |
21 l |
Wet Weight |
211 Kgs |
Instrumentation |
5’’ TFT color display |
Safety Equipment |
Riding Modes, Power Modes, Engine Brake Control (EBC), Cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati wheelie control (DWC), Ducati brake light (DBL) |
Standard Equipment |
Ducati Quick Shift up/down (DQS), Cruise control, full LED lighting system, DRL*, USB power socket, 12V socket, self canceling turn indicators, Öhlins adjustable steering damper |
(uda)