Ducati DesertX Rally, Reikarnasi Motor Enduro Era 80 an?

Ducati DesertX Rally, Reikarnasi Motor Enduro Era 80 an? - Ducati Indonesia
Ducati DesertX Rally, Reikarnasi Motor Enduro Era 80 an? - Ducati Indonesia

Autogear.id - Ducati Indonesia perkenalkan DesertX Rally, tunggangan yang seolah merupakan reinkarnasi motor Enduro era 80 an. Diakui menjadi sebuah karya yang menggabungkan keahlian Ducati, dalam menciptakan motor jalan raya dengan kebutuhan menghadapi medan offroad yang paling berat.

Dirancang untuk menaklukkan segala rintangan di luar jalan raya, kendaraan roda dua ini memadukan keunggulan performa dengan kenyamanan untuk pengendaranya. Diklaim Ducati, menjadikan DesertX Rally sebagai pilihan tak tertandingi, buat para petualang sejati.

Desain Khas Motor Enduro Klasik

Sejumlah pihak mengatakan, desain motor ini mengusung interpretasi kontemporer dari motor Enduro klasik, yang dirancang oleh tim ahli dari Ducati Centro Stile dengan fokus pada esensialitas dan ketahanan. Tiga elemen makro yang mencakup bentuk keseluruhan yang unik, membuatnya pancarkan kekuatan dan keunikan dalam setiap detail.

Ducati DesertX Rally menggunakan mesin Testastretta 937 cm3, dengan katup Desmodromic Testastretta 11° berpendinginan cairan. Dengan karakter handal dan andal, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp pada 9.250 rpm, dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5.

Keunggulan performa Ducati yang terkenal di dunia balap, dipadukan dengan hantaran tenaga yang halus yang bisa disesuaikan. Memberikan kepercayaan diri ekstra bagi pengendaranya, untuk menjelajahi segala rute. Motor baru ini juga dilengkapi ragam fitur canggih, termasuk enam Mode Berkendara, dan empat Mode Daya yang dapat mengubah respons mesin, sesuai kebutuhan pengendara.

Dua pengaturan khusus untuk mode Enduro dan Rally, memberikan kemampuan adaptasi optimal. Sementara mode lain seperti Sport, Touring, Urban, dan Wet, memberikan fleksibilitas dalam berbagai kondisi berkendara.

Spesifikasi Teknis Ducati DesertX Rally

Engine

Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valve train, 4 valves per cylinder, liquid-cooled

Displacement

937 cc (57.2 cu in)

Bore x Stroke

94 x 67.5 mm

Compression Ratio

13.1:1

Power

110 hp (81 kW) @ 9,250 rpm

Torque

92Nm (68lb-ft,9.4kgm) @6,500rpm

Fuel Injection

Bosch electronic fuel injection system, Ø53 mm throttle bodies with ride-by-wire system

Exhaust

Stainless steel single muffler, catalytic converter, and 2 lambda probes

Gearbox

6-speed with Ducati Quick Shift up/down

Clutch

Slipper and self-servo wet multiplate clutch, hydraulic control

Frame

Tubular steel Trellis frame

Front Suspension

KYB Ø 48 mm upside-down fork, closed cartridge, compression and rebound adjustable, Kashima Coating on the outer tubes, DLC treatment on the inner tubes

Front Wheel

Spoked, 2.15’’x21’’

Front Tire

Pirelli Scorpion Rally STR 90/90 - 21 M/C 54V M+S TL (A)

Rear Suspension

KYB monoshock, Ø 46 mm

piston, fully adjustable (high and low speed compression, rebound), remote preload

adjustment, aluminum double-sided swingarm

Rear Wheel

Spoked, 4’’x18’’

Rear Tire

Pirelli Scorpion Rally STR 150/70 R18 M/C 70V M+S TL

Front Wheel Travel

250 mm

Rear Wheel Travel

240 mm

Front Brake

2 x Ø 320 mm aluminum flange semi-floating discs, Radial mount Brembo monobloc 4-pistons calipers, Bosch Cornering ABS

Rear Brake

Ø 265 mm disc, Brembo floating 2 pistons caliper, Bosch Cornering ABS

Seat Height

910 mm (35.8 in) 885 mm (34.8 in) with low seat accessory

Wheelbase

1,625 mm (64 in)

Rake/Trail

27.6°/122 mm (4.8 in)

Fuel Tank Capacity

21 l

Wet Weight

211 Kgs

Instrumentation

5’’ TFT color display

Safety Equipment

Riding Modes, Power Modes, Engine Brake Control (EBC), Cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati wheelie control (DWC), Ducati brake light (DBL)

Standard Equipment

Ducati Quick Shift up/down (DQS), Cruise control, full LED lighting system, DRL*, USB power socket, 12V socket, self canceling turn indicators, Öhlins adjustable steering damper


(uda)