Macan Listrik, Koordinasi Sempurna Tim Desain dan Insinyur Porsche

Macan listrik merupakan hasil koordinasi sempurna tim desain dan insinyur Porsche - Porsche
Macan listrik merupakan hasil koordinasi sempurna tim desain dan insinyur Porsche - Porsche

Autogear.id – Porsche Macan sekarang dalam bentuk serba listrik, setelah sepuluh tahun peluncurannya. Sebagai model Porsche pertama yang dibangun di atas Premium Platform Electric (PPE), SUV ini merupakan pengembangan yang benar-benar baru.

Porsche sangat mementingkan pengujian, dengan prototipe disamarkan. Pada saat yang sama, simulasi di dunia virtual dan terowongan angin kian tepat, memainkan peran yang bertambah besar. Untuk memastikan koordinasi sempurna dari semua komponen dan sistem, yang dilakukan dengan sangat teliti.

"Ketika kami kembangkan model baru, selalu menyangkut dinamika dan ketepatan berkendara. Itulah Porsche. Ini sudah ada dalam DNA kami, tapi selalu tentang efisiensi, dan desain," kata Vice President Product Line Macan, Jorg Kerner.

Salah satu tantangan menurutnya adalah mempertahankan identitas produk dari seri model Macan, sementara pada saat yang sama memenuhi persyaratan aerodinamis yang diperlukan, untuk memastikan efisiensi dan jarak tempuh yang tinggi.

"Menemukan hubungan yang optimal antara prinsip-prinsip desain kami, dan spesifikasi yang diberikan oleh para insinyur aerodinamika, tentu saja merupakan sebuah tantangan," kata Peter Varga, Direktur Desain Eksterior di Style Porsche, Peter Varga.

Karena itu, kata Varga, penting untuk memastikan eratnya kerja sama antara para pemimpin kedua tim. Selama tahap pengembangan di departemen Desain, dan pengujian aerodinamis di terowongan angin Porsche yang canggih. "Kami bekerja sama dalam setiap milimeter untuk mencapai keseimbangan optimal antara estetika dan fungsi," sergahnya.

Kerja Keras Desainer dan Insinyur Porsche

Melalui kerja sama tim, Porsche sukses menggabungkan DNA desainnya, dengan aerodinamika yang dioptimalkan. Tidak hanya melalui siluet mencolok, tapi juga komponen Porsche Active Aerodynamics (PAA). "Elemen aerodinamis aktif, semuanya berkontribusi secara signifikan terhadap jarak tempuh," kata Direktur Aerodinamika dan Aeroakustik, Thomas Wiegand.

Dia katakan, model ini punya spoiler belakang memanjang otomatis, dan penutup pendingin aktif pada intake udara depan. Ada juga elemen variabel di bagian bawah bodi mobil. Cover bagian bawah rata dan tertutup, seperti mobil balap, bahkan di area as roda belakang.

Bagian fairing fleksibel, memastikan hambatan udara yang rendah saat melambung. Solusi inovatif yang dikombinasi dengan roda ramping, dan sebagian besar tertutup, serta kontur ban yang dioptimalkan secara aerodinamis.

Selama jelajah normal di jalan pedesaan, Macan otomatis mengasumsikan kerampingan ideal. Spoiler belakang bergerak ke posisi eco, penutup udara menutup dan tingkat sasis menurun. Dalam situasi ini, Wiegand dan tim mengukur koefisien hambatan 0,25 (sebelumnya 0,35). Menjadikan Macan efisien, dengan jarak tempuh menurut WLTP lebih dari 500 km untuk semua varian.

Pengisian Daya Cepat Hingga 270 kW

Motor listrik Macan baru mendapat energi dari baterai lithium-ion, di bagian bawah bodi, berkapasitas kotor 100 kWh. Di mana hingga 95 kWh dapat digunakan aktif. Arsitektur PPE mengatakan, 800 volt pada mobil ini memungkinkan pengisian daya cepat berkinerja tinggi, sedang diuji di seluruh dunia sebagai bagian dari proses pengembangan.

"Terdapat standar pengisian daya berbeda di pasar utama kami. Karena itu, fokus dari pengujian ini adalah memeriksa kondisi kerangka kerja yang berbeda ini di berbagai lokasi. Dengan prototipe kami, mengadaptasi teknologi yang sesuai jika diperlukan. Intinya, pengisian daya harus berfungsi dengan baik, di mana pun dan kapan pun," kata Kerner.

Untuk kapasitas pengisian daya DC dari Macan baru di stasiun pengisian daya 800 volt mencapai 270 kW. Tingkat pengisian daya dapat ditingkatkan dari 10 hingga 80 persen, dalam waktu kurang dari 22 menit di stasiun pengisian daya 400 volt.

Sakelar tegangan tinggi pada baterai memungkinkan pengisian daya bank, efektif membagi baterai 800 volt jadi dua baterai, masing-masing 400 volt. Memungkinkan pengisian daya sangat efisien, tanpa HV booster tambahan hingga 150 kW. Pengisian daya AC dapat dilakukan hingga 11 kW.

Uji Dinamika Kendara di Kondisi Ekstrem

Dalam uji ketahanan, masa pakai kendaraan disimulasikan di bawah kondisi pengoperasian yang keras. Nantinya hanya akan dialami pelanggan pada batas absolut. Hingga saat ini, prototipe Macan listrik yang disamarkan telah menyelesaikan uji coba lebih dari 3,5 juta kilometer.

"Kami menguji semua rentang suhu. Dari minus 30 derajat Celcius di Skandinavia hingga plus 50 derajat Celcius, seperti yang kami rasakan di Death Valley di California," lanjut Kerner. Tentu saja, sebuah SUV harus bekerja di permukaan jalan apa pun. Itulah mengapa mereka menguji tidak hanya di jalan raya, tetapi juga di luar jalan raya, pada kerikil, salju, dan es.

Penggerak semua roda yang fokus di belakang, selalu menjadi andalan. Porsche eksklusif gunakan motor PSM generasi terbaru, digerakkan permanen di as roda depan dan belakang. Memberi daya overboost lebih dari 450 kW, tawarkan efisiensi dan memungkinkan reproduksi output daya optimal.

Porsche Traction Management dikontrol secara elektronik, mengelola distribusi torsi lebih dari 1.000 Nm. Launch Control pada model teratas hampir secara real time. Tawarkan spektrum luas antara performa tinggi dan kenyamanan.


(uda)