Intip Keunggulan Porsche Panamera Generasi Ketiga

Generasi ketiga Porsche Panamera hadir, ditandai dengan beragam fitur unggulan - Porsche
Generasi ketiga Porsche Panamera hadir, ditandai dengan beragam fitur unggulan - Porsche

Autogear.id – Generasi ketiga Porsche Panamera hadir, ditandai dengan beragam fitur unggulan. Powertrain E-Hybrid yang lebih bertenaga dan sistem suspensi baru berspesifikasi tinggi menegaskan klaim, untuk menawarkan sedan paling dinamis di segmennya. Profilnya ditingkatkan dengan konsep operasi yang dimodernisasi secara fundamental dan banyak teknologi inovatif.

Termasuk sistem suspensi Porsche Active Ride yang baru, yang menggabungkan tingkat kenyamanan, yang digadang-gadang jauh lebih tinggi dengan karakteristik berkendara sporty yang menjadi ciri khas Porsche. Integrasi ekosistem digital pengguna ke dalam Porsche Communication Management (PCM) menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan mobil.

Sensasi Superior dengan Sistem Suspensi Canggih

Panamera baru sudah dilengkapi suspensi udara dua klep dua ruang, dengan Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai standar. Teknologi tadi memisahkan tahap rebound dan kompresi pada kontrol peredam. Penanganan mobil dapat ditingkatkan lebih lanjut berkat kemudi all-wheel drive opsional.

Selain itu, sistem suspensi aktif Porsche Active Ride yang tersedia sebagai opsi untuk model E-Hybrid Panamera baru. Melampaui konsep suspensi lain, dalam semua parameter yang relevan.

Sasis menjaga bodi Panamera tetap rata setiap saat, bahkan saat melakukan manuver pengereman, kemudi, dan akselerasi dinamis. Jika mode yang sesuai diaktifkan, suspensi dapat mengimbangi kecenderungan pitching dan rolling secara berlebihan, untuk mengurangi gaya akselerasi yang bekerja pada penumpang.

Porsche tawarkan total empat powertrain E-Hybrid untuk Panamera baru, sebagai jawaban atas tingginya permintaan bagi jenis sistem penggerak ini. Semua varian E-Hybrid mendapat manfaat dari kinerja, jangkauan, dan efisiensi lebih baik.

Panamera Turbo E-Hybrid sudah siap diluncurkan di pasar. Jantung penggeraknya adalah mesin turbo V8 empat liter yang telah direvisi secara mendasar. Output dari motor listrik yang baru dikembangkan adalah 140 kW (190 PS). Bersama-sama, mereka menciptakan output sistem 500 kW (680 PS). Torsi sistem mencapai 930 Nm yang mengesankan.

Porsche mengintegrasikan motor listrik ke dalam rumah transmisi kopling ganda PDK delapan percepatan yang didesain ulang secara komprehensif. Dengan tidak menggunakan housing E-motor terpisah, dapat menghemat sekitar lima kilogram.

Integrasi unit ke dalam sirkuit oli transmisi juga mengoptimalkan keseimbangan panas dari unit penggerak listrik dan memungkinkan output yang lebih tinggi secara terus menerus dari motor listrik.

Panamera Turbo E-Hybrid mampu melesat hingga 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 315 km/jam. Kapasitas baterainya kini mencapai 25,9 kWh. Memungkinkan jarak tempuh setara hingga 91 km dalam siklus WLTP gabungan, atau 83-93 km dalam siklus kota. Pengisi daya AC on-board 11 kW yang baru, mempersingkat waktu pengisian daya pada titik pengisian daya menjadi 2 jam 39 menit.

Varian Panamera dan Panamera 4 juga akan tersedia. Modifikasi untuk meningkatkan tekanan, laju aliran injeksi bahan bakar, dan waktu pembakaran mengoptimalkan kinerja mesin turbo V6 2.9 liter. Menghasilkan 260 kW (353 PS) dan torsi 500 Nm, atau meningkat 17 kW (23 PS) dan 50 Nm dibandingkan pendahulunya. Mempersingkat waktu tempuh Panamera dari 0-100 km/jam menjadi 5,2 detik, dan meningkatkan kecepatan tertinggi hingga 272 km/jam. Penggerak all-wheel drive Panamera 4 kini butuh waktu 4,8 detik untuk mencapai 270 km/jam.

Interior serta Eksterior Mewah dan Sporty

Mempertahankan garis-garis karakteristik dan proporsi garis model. Panjangnya 5.052 mm (Executive: 5.202 mm) dan lebar 1.937 mm serta tinggi 1.423 mm (Executive: 1.428 mm). Bagian depan, asupan udara tambahan di atas pelat nomor imbangi kebutuhan udara yang meningkat dari sistem penggerak.

Garis jendela yang didesain ulang pada tampilan samping memperkuat karakter sedan dari mobil sport empat pintu ini. Tepi luar jendela belakang rata dengan kontur bodi, menciptakan garis-garis yang harmonis di bagian belakang mobil.

Konsep kokpit Porsche Driver Experience menampilkan keseimbangan antara elemen kontrol digital dan analog, serta memposisikan elemen input dan output yang penting untuk mengemudi di sepanjang sumbu pengemudi.

Tuas selektor gigi berada tepat di sebelah kanan roda kemudi. Tombol mode untuk program pengendaraan Normal, Sport dan Sport Plus serta tangkai kontrol bantuan juga dapat diakses langsung oleh pengemudi. Dengan demikian, pengemudi tidak perlu mengalihkan pandangannya dari jalan untuk menyesuaikan program pengendaraan dan sistem bantuan.

Layar penumpang opsional mengintegrasikan penumpang ke dalam pengalaman berkendara. Layar 10,9 inci menampilkan data kinerja kendaraan berdasarkan permintaan. Layar ini juga memungkinkan penggunaan sistem infotainment dan mendukung streaming video saat mobil melaju. Agar tak mengganggu siapa pun di belakang kemudi, layar penumpang tak dapat dilihat dari kursi pengemudi.

Panamera Turbo E-Hybrid yang lebih khas

Memperkuat posisi dalam jajaran model dengan Panamera Turbo E-Hybrid. Secara eksternal, model ini ditandai apron belakang yang khas dengan panel diffuser yang dicat. Serta apron depan yang unik dengan warna bodi. Terdapat juga knalpot berlapis krom dengan warna perunggu tua dan velg opsional dengan kunci tengah, yang juga dapat ditentukan pada model lainnya.

Warna Turbonite untuk Turbo digunakan sebagai kontras pada strip jendela samping dan logo Turbo di bak belakang, serta pada lambang Porsche di kap mesin, roda dan roda kemudi. Di dalam, Turbonite dikombinasikan dengan elemen karbon untuk menciptakan suasana sporty. Dapat ditemukan, misalnya, pada penghitung putaran tengah di kluster instrument, dan sebagai warna kontrol di konsol tengah.

Pengalaman Digital dan Sistem Bantuan Baru

Mobil mewah ini akan menjadi bagian integral dari ekosistem digital pengemudi. Untuk masuk dengan Porsche ID pribadi mereka, pelanggan hanya perlu memindai kode QR yang ditampilkan di PCM dengan smartphone mereka.

Integrasi fungsi kendaraan dari aplikasi MyPorsche ke dalam Apple CarPlay memungkinkan pengoperasian fungsi digital yang dioptimalkan. Fungsi-fungsi seperti AC, pijat kursi, dan pencahayaan sekitar dapat dikontrol secara langsung melalui Apple CarPlay atau dengan voice assistant Siri.

Porsche juga melengkapi Panamera dengan lampu depan Matrix LED standar. Sistem pencahayaan LED Matrix HD beresolusi tinggi, dengan lebih dari 32.000 piksel per lampu, tersedia sebagai opsi. Jangkauan penerangan ini mencapai 600 meter.

Porsche InnoDrive termasuk cruise control adaptif yang memiliki fitur panduan jalur aktif dan bantuan persimpangan. Bantuan membelok kini juga menjadi bagian dari berbagai fungsi. Hal yang juga baru adalah, saat parkir otomatis, pengemudi tidak lagi harus berada di dalam mobil, meskipun mereka masih memegang kendali atas manuver. Proses parkir dapat dipantau dari smartphone dengan fungsi Remote ParkAssist yang baru.


(uda)