Honda Racing Indonesia Punya Pembalap dan Mobil Balap Baru

Tahun 2024 ini Honda Racing Indonesia (HRI) punya pembalap dan mobil balap baru - HPM
Tahun 2024 ini Honda Racing Indonesia (HRI) punya pembalap dan mobil balap baru - HPM

Autogear.id - Memulai kejuaraan nasional balap mobil 2024, tim Honda Racing Indonesia (HRI) umumkan susunan pembalap yaitu Alvin Bahar, Avila Bahar serta pembalap baru Andri Abirezky pada balap Touring di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2024.

Selain mengumumkan pembalap baru, tim HRI juga memperkenalkan mobil balap baru, All New Honda Civic Type R untuk kelas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 3.600, serta tambahan satu New Honda Brio untuk kelas ITCR 1.200. Dengan tambahan New Honda Brio, tim HRI akan menurunkan dua pembalap yang akan bertanding di ITCR 1.200, yaitu Avila Bahar dan Andri Abirezky.

Andri yang pertama kalinya bergabung bersama tim HRI, sebelumnya telah mengikuti kejuaraan Honda Jazz Speed Challenge 2021. Langsung berhasil meraih gelar juara di kelas Rising Star. Selain itu dia juga mengikuti kejuaraan ITCR 1.500 di kelas Promotion. Di musim berikutnya, ikut Honda City Hatchback RS Speed Challenge tahun 2022 untuk kelas Master, dan berhasil menduduki juara ketiga.

Sementara Avila Bahar, selain beraksi di kelas ITCR 1.200, juga akan tetap berkompetisi pada kelas ITCR 1.500 menggunakan Honda City Hatchback RS. Didukung mobil balap andalannya, dia sebelumnya telah menorehkan prestasi sebagai juara nasional ITCR 1.500 pada tahun 2022 dan 2023 lalu.

Untuk kelas tertinggi, ITCR 3600 Max, diikuti pembalap senior, Alvin Bahar. Dia akan menggunakan All New Honda Civic Type R dengan kode sasis FL5. Model yang diluncurkan di Indonesia pada akhir Maret 2023, mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo.

Dikatakan, mobil tersebut menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, dan torsi maksimum 420 Nm. Model ini telah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dan rekor putaran tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, buat Honda ajang balap merupakan sebuah pembuktian ketangguhan suatu produk. “Karena itu kami selalu menurunkan mobil balap yang memiliki production spec, dari model-model terkini yang dipasarkan. Termasuk All New Honda Civic Type R dan New Honda Brio,” ungkapnya.

Pada musim balap kali ini, Honda juga memeriahkan setiap seri kejuaraan ISSOM dengan mengundang penonton yang terdiri dari para karyawan dan keluarganya. Untuk menambah keseruan, Honda menghadirkan aktivitas menarik di antaranya adalah racing simulator serta permainan gokart.


(uda)