Kegiatan Komunitas

Perdana, Indonesia Bakal Tuan Rumah Hot Wheels Legend Tour

Hot Wheels Legends Tour bakal diselenggarakan di Indonesia. HWLT
Hot Wheels Legends Tour bakal diselenggarakan di Indonesia. HWLT

Autogear.id – Akhir-akhir ini Indonesia kerap jadi tuan rumah kegiatan kelas dunia. Mulai dari kejuaraan balap motor World Superbike (WSBK) dan MotoGP Mandalika, Lombok. Lalu balap mobil Formula E di Ancol, dan baru saja berlangsung Vespa World Day, Bali.

Sebentar lagi, Indonesia untuk pertama kalinya juga dipastikan jadi penyelenggara acara tahunan global, Hot Wheels Legends Tour. Sebuah kontes modifikasi, untuk mencari Hot Wheels terunik dan terbaik di dunia. Hot Wheels Legends Tour berjalan sejak 2018, dan telah digelar di banyak negara. Seperti Malaysia, Selandia Baru, Jerman, Brazil, Meksiko, Inggris, Jepang dan lainnya. Dengan total peserta ribuan mobil modifikasi.

Pemenang dari kontes ini akan diabadikan sebagai miniatur mobil diecast Hot Wheels berskala 1:64, yang akan diproduksi dan dipasarkan secara masal ke seluruh dunia. pemenang juga bakal dikenang dalam koleksi legenda mobil diecast Hot Wheels.

Untuk pendaftaran kontes modifikasi yang bertujuan mendukung kemajuan industri otomotif, terutama modifikasi mobil ini dibuka selama 3 bulan ke depan. Mulai 1 Juni hingga 5 Agustus 2022. Selain itu, tujuan acara ini ingin memperkuat hubungan baik dengan para penggemar dan kolektor mainan Hot Wheels, baik yang baru maupun lama.

Baca Juga:
Setelah Ancol dan BSD, Street Race Polri Merembet ke Bekasi

“Setelah empat tahun, dan puluhan acara telah digelar. Sungguh luar biasa melihat perkembangan Hot Wheels Legends Tour, baik di AS maupun di luar AS,” kata Vice President, Global Head of Design for Vehicles, Mattel, Ted Wu seperti dilansir Medcom.id.

Tahapan kompetisi
Bagi yang ingin ikut kompetisi ini, sejumlah regulasi telah ditetapkan melalui beberapa tahapan. Pendaftaran dilakukan online via website www.hotwheelsindo.com. Caranya dengan mengupload foto-foto dan video modifikasi mobil, serta data personal pemiliknya. Seluruh peserta wajib mengisi kolom narasi, mengenai konsep modifikasinya.

Dari seluruh pendaftar, akan diambil 50 mobil modifikasi terbaik yang memenuhi syarat, dan sudah melewati proses seleksi dewan juri. Nantinya 50 mobil tadi akan diadu kembali, untuk mencari satu pemenang yang akan langsung diumumkan, dalam sebuah acara khusus, Indonesia Finals, Agustus 2022.

Kriteria penjurian
Penilaian akan dilihat dari 5 elemen. Pertama adalah Hot Wheels Story, di sini juri ingin melihat sedalam apa peserta terinspirasi dari mobil-mobil diecast Hot Wheels, dalam memodifikasi mobil mereka. Kedua, dari sisi desainnya. Ketiga adalah orisinalitas dari karya modifikasi. Elemen keempat adalah semangat garasi atau garage spirit, sesuai tagline Hot Wheels, ‘It’s built not bought’. Sehingga menitikberatkan dari sisi pembuatan, bukan modifikasi plug n play.

Baca Juga:
Begini Cara Bikers Honda Bersenang-Senang Sambil Belajar

Adapun penilaian akhir adalah performa, apakah mobil ini layak jalan dan menyenangkan buat dikendarai. Penjurian dilakukan secara online oleh para desainer Hot Wheels pusat, dan sejumlah juri lokal Tanah Air.

Pemenangnya berkesempatan masuk dalam semifinal Asia Pacific, bertanding dengan seluruh pemenang dari negara lainnya. Tahap semifinal global dilakukan virtual oleh para juri internasional dari Hot Wheels Amerika, Oktober mendatang. Di sini mencari 10 finalis, yang kemudian dipilih 1 mobil pemenang untuk dijadikan bentuk miniaturnya dalam skala 1:64 Hot Wheels.

Total hadiah puluhan juta rupiah, merchandise ekslusif, sertifikat autentik dari Hot Wheels, serta kesempatan memenangkan diecast collector cars edisi khusus Hot Wheels Legends Tour siap diberikan kepada pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia.


(uda)