Dunia Otomotif Ikut Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Gaikindo menyerahkan donasi hasil penjualan tiket GIIAS Surabaya 2021 untuk para korban erupsi Gunung Semeru (foto Medcom.id)
Gaikindo menyerahkan donasi hasil penjualan tiket GIIAS Surabaya 2021 untuk para korban erupsi Gunung Semeru (foto Medcom.id)

Autogear.id - Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang masih butuh penanganan khusus, Indonesia kembali diterpa bencana. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Semeru erupsi dan menelan ratusan korban jiwa.

Ya, ratusan orang yang tinggal di kaki gunung Semeru kehilangan nyawa dan terluka. Ribuan harta benda hancur tersapu oleh terjangan awan panas. Dalam seketika, ribuan orang menjadi pengungsi.  

Menyikapi kondisi bencana tersebut, para pelaku otomotif terketuk pintu hati. Mereka berinisiatif menyalurkan bantuan kepada para korban. Contohnya Repsol Indonesia, yang mencoba bergerak cepat memberikan donasi makanan kaleng cepat saji berupa kornet dan sarden kepada masyarakat yang terdampak.

Donasi disalurkan melalui lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang, Jawa Timur. Setelah sebelumnya berkoordinasi dengan petugas dan relawan di lokasi, terkait kebutuhan apa saja yang sangat diperlukan.

“Apa yang kami berikan ini bentuk kepedulian bagi para korban letusan Gunung Semeru. Semoga bantuan berupa makanan kaleng ini sedikit banyaknya bisa mendukung kebutuhan pangan para korban”, ungkap Krisnati Desiana, Marketing Chief Executive Officer Assistant Repsol Indonesia melalui keterangan resminya.

Menurutnya, alasan Repsol Indonesia memilih ACT, karena lembaga sosial ini dinilai tanggap terhadap para korban bencana alam.

Sehingga diharapkan bantuan yang diberikan melalui ACT bisa lebih tepat sasaran, dan dapat membantu mereka yang benar-benar membutuhkan.

Selain Repsol Indonesia, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga menunjukkan rasa empati kepada para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru. 

Bentuk bantuannya, seperti dilansir Medcom.id, berupa penyerahan seluruh hasil penjualan tiket pameran GIIAS Surabaya 2021 dan diberikan kepada para korban.

Pada pembukaan GIIAS Surabaya di Grand City Convex, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, didampingi Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyerahkan secara simbolis donasi dari hasil penjualan tiket GIIAS Surabaya 2021.

Pemberian donasi tersebut diterima Gubernur Jawa Timur, yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Jawa Timur, Heru Tjahjono, Kamis (9/12/2021).

Yohannes Nangoi menyampaikan rasa prihatin dan turut berbelasungkawa mendalam atas tragedi bencana alam erupsi Semeru yang menelan korban jiwa. 

“Kami berharap bencana ini dapat segera teratasi, dan kondisi masyarakat sekitar dapat segera kembali pulih dan normal,” ujar Nangoi.


(acf)