Sabun Mandi Bisa Jadi Solusi Tangki Bensin Motor Bocor

Sabun Mandi bisa jadi solusi tangki bensin motor bocor (Foto: Ist)
Sabun Mandi bisa jadi solusi tangki bensin motor bocor (Foto: Ist)

Autogear.id - Pemilik motor, terutama motor sport yang sering disebut motor batangan atau motor laki, mungkin pernah mengalami tangki bensin bocor halus atau rembes. Kalau sudah begini, bagaimana cara mengatasinya?

Kalau motor usia muda, tangki bocor masih bisa dicari ke dealer resmi atau toko suku cadang. Repotnya kalau motor lawas, umur misalnya lebih dari lima tahun. 

Makin repot, kalau motornya sudah tidak diproduksi lagi. Pasti setengah modar mencarinya. Ujung-ujungnya, berburu ke toko onderdil kanibalan atau loakan.

Penyebab Tangki Bensin Bocor

Sebetulnya tangki motor bocor atau rembes ini bisa diakibatkan beberapa faktor. Mulai dari insiden kecelakaan, kemudian motor terjatuh dan terbentur.  Ketika tangki penyok, atau lecet, lama tak diperbaiki, berisiko terjadinya korosi atau keropos. 

Bisa juga karena motor sudah terlalu lawas, sehingga keropos. Atau lantaran faktor cuaca, seperti sering terkena hujan dan panas secara langsung.

BACA JUGA: Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

Motor sering terkena uap air garam, bisa juga mengalami tangki bensin bocor, karena keropos. Umumnya terjadi di motor yang berada di pesisir pantai, atau dekat dengan laut.

Solusi Tangki Bensin Bocor

Bila sudah mengalami kejadian tadi, kemudian pemilik motor segera sadar dan segera diantisipasi. Pemiliknya mau tidak mau, terpaksa copot tangki. Kemudian membawanya ke tukang las, syukur-syukur bisa diperbaiki. 

Apesnya bila sedang berkendara, apalagi riding jarak jauh. Tiba-tiba tangki bocor, nah kebayang kan repotnya. 

Tapi sebenarnya dalam keadaan darurat, pengguna dapat mencoba tips sederhana ini. Menambal tangki rembes atau bocor dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel las.

Dikatakan Anang, pemilik bengkel spesialis Scorpio ASICS dilansir sebuah media mengatakan, kebocoran tangki motor disebabkan terjadinya korosi dari dalam tangki. 

“Korosi tersebut efek dari pengendapan air yang terjadi di dalam tangki, akibat adanya proses penguapan”, ucapnya. 

Lanjut Anang, dalam kondisi darurat, menambal tangki motor rembes atau bocor halus bisa dilakukan dengan menggunakan sabun mandi batangan. 

BACA JUGA: Bikers Wajib Tahu, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Riding Malam Hari

Caranya sangat mudah. Tinggal ditutup secara optimal bagian yang bocor tadi menggunakan sabun mandi yang ada. Nanti bagian yang rembes akan tertutup, sehingga tidak bocor lagi.

Tapi kembali, hal tersebut dilakukan dalam kondisi darurat. Karena tambalan tersebut sifatnya sementara. 

“Misalkan selagi touring, tiba-tiba tangki motor mulai basah. Bahan bakar mulai rembes dan menetes pelan. Boleh dicoba cara tersebut,” ujarnya.

Apabila pengendara ingin kebocoran itu tertutup sempurna, tentunya harus diperbaiki dengan membawanya ke bengkel las. 

Disamping menggunakan sabun mandi, kata Anang, menambal tangki motor rembes juga bisa memanfaatkan plastic steel, atau menggunakan lem cair dicampur pasir. Gampang kan?


(acf)