Aprilia Racing Resmi Perlihatkan RS-GP24 untuk Bertarung di MotoGP

Aprilia Racing resmi perlihatkan RS-GP24 untuk dipakai bertarung di MotoGP - Piaggio Group
Aprilia Racing resmi perlihatkan RS-GP24 untuk dipakai bertarung di MotoGP - Piaggio Group

Autogear.id - Usai melakukan debut pertama di lintasan, pada pembukaan uji coba di Sepang, Aprilia RS-GP24 meluncurkan versi resminya. Memboyong identitas teknikal yang kuat, pengembangan motor asal Italia ini telah sampai pada tahap kesiapan optimal.

Setelah konsisten berkembang di dua musim terakhir, tahun 2024 menjadi tahun pembuktian bagi Aprilia. Evolusi teknis telah membawa tunggangan dan tim ke tingkat yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Sementara itu, departemen balap Aprilia dari Noale, di bawah kepemimpinan Romano Albesiano, telah menerima tantangan ini tanpa melupakan karakteristik dari DNA Aprilia. Dengan kata lain, melalui pendekatan kreatif dan keputusan yang menjadi gebrakan baru, evolusi terbaru dari RS-GP menemukan penerapan yang bahkan lebih ekstrem.

Piaggio Group digadang-gadang dengan jelas mengedepankan aspek aerodinamika dari RS-GP24. Menjadi hal yang paling terlihat, yang telah dirancang ulang dan ditingkatkan. Mulai dari mesin V4, rangka, kelistrikan, hingga strateginya. Sambil tetap mempertahankan basis yang kuat dari model tahun 2023 yang kompetitif.

Semua data yang dianalisis dipastikan lengkap di setiap akhir sesi balapan, mengingat selain Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, Miguel Oliveira juga akan memulai musim baru dengan motor RS-GP24. Sementara Raul Fernandez, sebagai pembalap kedua dari tim Trackhouse, akan menggunakan motor spek 2023 yang akan ditingkatkan ke versi terbaru.

Pembalap Alex Espargaro mengatakan, pertumbuhan yang mereka perlihatkan dalam beberapa musim terakhir sungguh luar biasa. Dia pun bangga menjadi bagian dari tim ini, yang selalu dia anggap sebagai keluarga kedua.

“Tahun 2024 kami akan kembali mengambil langkah maju. Tahun lalu, kami kurang konsisten untuk bersaing hingga akhir, tetapi kami tetap menunjukkan bahwa kami adalah pesaing yang tangguh bagi semua orang. Meskipun tidak akan mudah karena tingkat persaingan di MotoGP semakin meningkat. Saya merasa siap, baik secara fisik maupun mental, dan saya percaya pada upaya yang telah dilakukan oleh staf Aprilia," bebernya.

Sementara itu, Maverick Vinales menyampaikan dalam keterangannya, musim 2023 mereka berakhir dengan tren yang positif, dan mereka ingin melanjutkannya sekarang. Didukung hubungan dengan tim sangat baik.

“Selama musim dingin, saya berlatih dengan penuh semangat, dan saya percaya pada kinerja Aprilia Racing. Jika kami terus menetapkan tujuan untuk mengoptimalkan konfigurasi teknis setiap akhir pekan, hasilnya akan datang dengan sendirinya,” katanya.

Dia beranggapan, uji coba pertama menegaskan kalau persaingan di kejuaraan ini mencapai tingkat yang sangat tinggi. Di matanya, hampir setiap pembalap dan motor di grid punya potensi untuk bersaing mendapatkan podium. Membuat tantangan ini menurutnya semakin menarik.


(uda)