Mobil Baru

Porsche 911 GT3, Dominasi DNA Balap di Mobil Jalan Raya

Porsche boyong DNA balap di supercar jalan raya miliknya yang terbaru yaitu 911 GT3. PI
Porsche boyong DNA balap di supercar jalan raya miliknya yang terbaru yaitu 911 GT3. PI

Autogear.id – Porsche baru saja menghadirkan 911 GT3 baru, berkonsep performa, tuning, aerodinamis, sebagai generasi ketujuh dari mobil sport berperforma tinggi ke seluruh dealernya di Indonesia. Managing Director Porsche Indonesia, Michael Vetter dalam keterangan persnya mengatakan, GT3 baru yang dihadirkan ini memiliki semua yang diimpikan para pecinta mobil sport.

“Mulai dari sayap belakang leher angsa yang baru, kap depan berbahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan saluran udara terintegrasi yang terinspirasi dari motorsport, mesin empat liter enam silinder, serta layar track baru, hanyalah beberapa fitur menarik dari mobil baru ini,” katanya.

Konsep 911 GT3 Kedepankan DNA Balap
Selama sesi peluncuran, para tamu disuguhi 911 GT3 terbaru dalam warna Shark Blue, yang dapat disaksikan secara langsung dan lebih dekat. Porsche 911 GT3 baru mentransfer teknologi balap murni ke dalam model produksi. Tata letak gandar depan double wishbone dan aerodinamis canggih, dengan sayap belakang leher angsa dan diffuser mencolok berasal dari mobil balap 911 RSR GT yang sukses selama ini.

Mesin boxer empat liter enam silinder 375 kW (510 PS) didasarkan pada drivetrain dari 911 GT3 R, dicoba dan diuji dalam balap ketahanan. Mesin putaran tinggi yang mengesankan secara akustik, juga digunakan secara praktis tetap ada pada 911 GT3 ini. Kekuatan khas 911 GT3 terletak pada keseluruhan karakteristiknya. 

Baca juga:
Kepoin Canggihnya Internet of Vehicle (IoV) di Almaz RS & New Cortez di IIMS 2022

Dengan kecepatan tertinggi 320 km/jam (318 km/jam dengan PDK) bahkan lebih cepat dari 911 GT3 RS sebelumnya. Akselerasinya dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik. Dalam posisi performa, elemen sayap dan diffuser yang diatur manual, secara signifikan meningkatkan tekanan aerodinamis untuk kecepatan menikung yang tinggi. Namun, ini hanya disediakan untuk acara jalan-jalan di sirkuit, karena di sanalah 911 GT3 dapat memainkan semua kartu trufnya.

Selama pengujian terakhir, mobil ini mengalahkan Nuerburgring-Nordschleife, yang secara tradisional merupakan ajang pembuktian tertinggi untuk semua mobil sport yang dikembangkan oleh Porsche. 911 GT3 sekitar 17 detik lebih cepat dari pendahulunya. Pembalap pengembangan Lars Kern hanya membutuhkan waktu 6:59,927 menit untuk putaran penuh 20,8 kilometer. Lintasan yang lebih pendek sepanjang 20,6 kilometer, yang sebelumnya menjadi patokan, diselesaikan oleh 911 GT3 dalam waktu 6:55,2 menit.

Menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R yang tersedia secara opsional, model baru ini konsisten memberikan performa selama beberapa putaran, di tangan ahli dari brand ambassador Porsche, Jörg Bergmeister. Meskipun bodinya lebih lebar, roda lebih besar, dan fitur teknis tambahan, bobot GT3 baru ini setara dengan pendahulunya. Gearbox manual beratnya 1,418 kilogram, dengan PDK 1,435 kilogram.

Kap depannya terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP), jendela kaca ringan, cakram rem yang dioptimalkan, dan velg ringan yang ditempa. Sistem pembuangan sport yang ringan, mampu mengurangi berat, tidak kurang dari sepuluh kilogram. Penutup knalpot dapat disesuaikan secara elektrik, membantu menyelaraskan pengalaman suara yang sangat emosional dengan standar emisi Euro 6d ISC FCM (EU6 AP). Konsumsi gabungan 911 GT3 adalah 13,3 liter/100 km (PDK 12,4).

Baca juga:
Belum Kebagian Apparel MotoGP? Buruan ke Von Dutch di IIMS 2022

Khusus model Porsche GT, jajaran Porsche Exclusive Manufaktur juga menyediakan 911 GT3 baru opsi khusus, seperti atap ringan terbuat dari serat karbon terbuka. Termasuk bagian atas spion luar juga dari karbon. Lampu utama 911 GT3 matriks LED gelap, dan lampu belakang desain eksklusif, serasi busur cahaya tanpa komponen merah. Velg roda dicat merah atau Shark Blue menyempurnakan velg hitamnya. Pada bagian interior, detail perlengkapan seperti dial untuk penghitung putaran dan stopwatch Sport Chrono, sabuk pengaman dan strip trim memberikan aksen elegan pada warna bodi.


(uda)