Mobil Baru

Intip Tipis-tipis Fitur Bawaan SUV Kompak Terbaru Mitsubishi Ini

Intip apa saja fitur-fitur SUV kompak baru milik Mitsubishi, bakal bikin takjub enggak sih? AG-Uda
Intip apa saja fitur-fitur SUV kompak baru milik Mitsubishi, bakal bikin takjub enggak sih? AG-Uda

Autogear.id – Sejak lama Mitsubishi Motors mempersiapkan SUV kompak baru, yang digadang-gadang bakal meramaikan segmen yang sudah diisi Yaris dan Raize. Diakui Division General Manager, Design Division Mitsubishi Motors Corporation, Seiji Watanabe, basis SUV terbaru ini mengadopsi lebih dari 80 persen sosok Mitsubishi XFC Concept. Sebuah mobil konsep, yang sebelumnya sudah diajak berkeliling Indonesia oleh PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI).

Meski demikian, salah satu pabrikan asal Jepang ini masih enggan menyebutkan nama dan harga dari mobil berkapasitas 5-penumpang tersebut. Mereka berjanji akan secara resmi melakukan World Premiere mobil ini untuk pasar global, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 10-20 Agustus 2023, di ICE BSD Tangerang, Banten.

Walaupun belum ada nama dan harga, MMKSI berani membuka pre order untuk mobil yang sementara dijuluki “X” The New SUV. Namun perlahan, selubung mobil ini mulai dibuka. Lalu dipertontonkan perwujudan eksteriornya, di hadapan ratusan media tanah air secara offline dan online, di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (31/7/2023) siang.

Dikatakan President Director MMKSI Atsushi Kurita, pihaknya sangat optimis dengan produk ini. Mereka yakin model teranyar tersebut bisa berkontribusi baik dalam penjualan, serta mampu mengekspansi pasar. "Kami percaya model ini dapat bersaing, dengan model-model yang sudah eksisting sebelumnya di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga:
Mitsubishi Masih Sembunyikan Nama SUV Kompaknya

Setelah memperlihatkan penampakan eksteriornya, pihak Mitsubishi juga sedikit membocorkan fitur unggulan yang terdapat pada mobil ini. Seperti dikatakan Watanabe, kendaraan ini memiliki mode berkendara Normal, Gravel, dan Mud. Semakin lengkap dengan Wet Mode, yang hadir untuk pertama kalinya di Mitsubishi Motors. 

“Dikembangkan khusus untuk Indonesia dan peran penting ini, konsep desain dari model baru ini adalah “Silky & Solid”. Silky adalah bentuk baru keanggunan dan kegembiraan. Selayaknya sutra yang alami dan otentik. Terlihat dan terasa nyaman,” ujarnya.

Kata Watanabe lagi, bentuk dari sebuah kemewahan mobil ini terlihat mengalir saat bergerak. Alirannya dimulai dari logo Tiga Berlian di bagian depan dan mengalir secara alami di bagian samping. Atap yang terlihat mengambang, dan arsitektur pilar C menguatkan kesan sutra yang ringan.

Sementara desain Solid, akan menjadi fondasi desain setiap kendaraan Mitsubishi. Bodinya memiliki nuansa dan tampilan solid. Menggambarkan keamanan dan keandalan. Bentuk dan proporsinya menampilkan garis tulang yang lebih tinggi. Ground clearance yang tinggi selayaknya sebuah SUV, untuk membawa pengguna melewati berbagai kondisi jalan. 

Baca Juga:
Civic Type R-GT Mulai Ujicoba Persiapan Balap Super GT 2024

Hasilnya adalah posisi berkendara yang diakui lebih commanding. “Posisi mengemudi yang lebih tinggi selayaknya sebuah SUV,memberikan visibilitas sangat baik. Lihat sisi eksterior, guratan fender tegas kian menguatkan jiwa sebuah SUV. Kekuatan dan kelincahan seorang atlet tergambar dari konsep solid-nya,” jelasnya.

Dynamic Shield dan lampu T-shape, adalah fitur ikonik dari identitas desain Mitsubishi Motors. Pada model ini, fitur tersebut berevolusi, mengarah pada tampilan yang lebih menarik. Dynamic Shield tetap menjadi simbol kekuatan dan proteksi dari desain
mereka. 

“Pada generasi baru ini, Dynamic Shield kini semakin terintegrasi secara lebih mulus dan struktural, menambahkan kedalaman dan dimensi pada desain Silky & Solid. Lampu T-shape yang baru dengan aksen celah meningkatkan identitas dan keamanan berkendara,” akunya. 

T-shape juga memperjelas sudut-sudut mobil, bagi kendaraan dari arah berlawanan, serta menguatkan kesan lebar. Dari depan atau dari belakang, desain lampu yang khas membuat semua orang mengenali, kalau ini adalah mobil Mitsubishi.

Baca Juga:
Soal Ekspor, Produsen Motor ICE Bisa Kalah dari Motor Listrik Lho!

Kendati belum diperlihatkan ke hadapan publik, desain interiornya mendapatkan perhatian khusus. Menurut Watanabe, mereka ingin menciptakan sebuah pesan keanggunan dan modern. “Kami yakin sudah berhasil mencapainya. Berharap dapat menunjukkan dalam waktu dekat kepada publik, detail baru dan menarik. Model ini adalah awal dari sebuah era baru, melalui desain Robust & Ingenious dari Mitsubishi Motors,” pungkasnya.


(uda)