Lalu Lintas Mudik 2022

Kondisi Jalinbar Bengkulu Utara Semi Offroad, Waspada Melintas di Sana!

Waspada melintas di jalan lintas barat Sumatera, beberapa titik masih banyak jalan semi offroad. MGN
Waspada melintas di jalan lintas barat Sumatera, beberapa titik masih banyak jalan semi offroad. MGN

Autogear.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bengkulu Utara meminta para pemudik baik yang menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua agar meningkatkan kewaspadaanya jika mudik melalui jalur lintas barat Sumatera (Jalinbar). Pasalnya, jalur yang menghubungkan provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat ini banyak yang amblas dan berlubang.

Beberapa titik di jalur ini pun masih ada yang minim penerangan jalan dan rambu peringatan. Kepala Satlantas Polresta Bengkulu Utara, Iptu Eka Hendra Ardiansyah mengatakan para pemudik harus berhati-hati. 

"Kami imbau pemudik yang melintas jalur lintas barat Sumatera agar berhati-hati, karena ada jalan berlubang yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas," Kata Eka kepada Metro TV, Jumat 29 April 2022.

Baca Juga:
Rest Area di Tol Cipali Padat, Polisi Terapkan Sistem Buka-Tutup

Menurut pantauan dari kontributor kami, jalan yang amblas dan berlubang di sejumlah ruas jalinbar Kabupaten Bengkulu Utara ini memiliki kedalaman yang bervariasi yakni antara 30 centimeter hingga 80 centimeter.

Meski begitu, pihak kepolisian telah berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kerusakan jalan ini. Eka menyebut jajarannya sudah berupaya menambal jalan yang berlubang dengan bahan material seadannya.

"Kami sudah melakukan tindakan bersifat inisiatif, dengan menambal beberapa ruas jalan yang berlubang," kata Eka.

Hal ini dilakukan sebab hingga H-3 jelang lebaran belum ada upaya perbaikan dari pihak yang berwenang. Meski sebelumnya Polisi sudah berupaya berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang provinsi Bengkulu untuk memperbaiki kerusakan jalan yang ada.

Jalan lintas Barat Sumatera Bengkulu ini diprediksi mulai banyak dilalui pemudik dari daerah Sumatera Barat dan Jambi pada hari ini hingga H+1 lebaran mendatang. Sejumlah titik jalan yang amblas dan berlubang ini akan menjadi perhatian serius petugas di lapangan dengan rutin berpatroli. (StoryBuilder: Narendra WK)
 


(uda)