Awas Body Roll! Optimalkan Fungsi AWD di Chery Omoda 5 GT AWD

Mewaspadai body roll dengan mengoptimalkan fungsi AWD di Chery Omoda 5 GT AWD - CSI
Mewaspadai body roll dengan mengoptimalkan fungsi AWD di Chery Omoda 5 GT AWD - CSI

Autogear.id – Curah hujan yang cukup tinggi di Indonesia, seringkali menciptakan kondisi jalan yang licin dan berbahaya. Chery Omoda 5 GT AWD, yang mengaku sebagai salah satu SUV Crossover premium, mengklaim mengantongi sejumlah fitur yang cocok dalam menghadapi kondisi tersebut. Mobil ini dikatakan telah dilengkapi dengan enam mode berkendara, yaitu mud, off-road, snow, sport, normal, dan eco.

"Chery Omoda 5 GT AWD dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, bahkan di musim hujan. Fitur-fitur seperti mode Snow dan sistem penggerak semua roda memastikan pengguna tetap terkendali dan terlindungi dalam kondisi cuaca buruk," ujar Vice President PT Chery Sales Indonesia, Harry Kamora.

Lanjut Harry, mode Snow dirancang untuk meningkatkan traksi di jalan licin. Bekerja dengan mengontrol sistem penggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD) Omoda 5 GT. Sistem ini secara otomatis mengirimkan lebih banyak torsi ke roda belakang, yang membantu mencengkeram jalan dengan lebih baik.

Selain mode Snow, lima mode berkendara lainnya juga dapat disesuaikan dengan kondisi berkendara tertentu. Memungkinkan untuk menyesuaikan pengalaman berkendara, sesuai kebutuhan mengemudi.

“Misalnya, saat berkendara di perkotaan dengan kontur jalanan yang relatif mulus, namun macet. Tepat untuk menggunakan mode Eco, agar lebih hemat bahan bakar. Dalam kondisi lain, saat menikmati road trip ke luar kota dengan tekstur jalanan bervariasi, mode Sport dirasa lebih sesuai,” ucapnya.

Perlu diketahui, sebenarnya fitur AWD bukan hanya diperuntukkan pada saat melintasi jalanan bebatuan dan tanah. Justru dengan adanya perkembangan teknologi kendaraan saat ini, fitur AWD tersebut dapat memberi keamanan yang lebih baik. Seperti meminimalisir body roll pada mobil.

Body roll adalah kondisi dimana mobil terasa miring ke samping, saat sedang berbelok. Kondisi body roll ini berisiko menyebabkan mobil kehilangan kendali. Terutama ketika sedang melaju, lalu mobil berbelok dengan cepat di tikungan dengan permukaan jalan yang licin.


(uda)