Autogear.id – Touring memang mengasyikan bila mengendarai tunggangan yang mumpuni. Seperti touring bareng Yamaha Nmax Turbo dan Neo, dalam kegiatan Nmax Tour Boemi Nusantara (NTBN) 2024 etape Sulawesi Selatan (Sulsel), akhir pekan kemarin (18-20/10/2024).
Mengelilingi Sulsel sejauh kurang lebih 600 Km terasa tak ada kendala berarti dari Yamaha Nmax Turbo dan Neo. Tantangan justru terasa dari kondisi medan di sepanjang jalan yang dilalui. Mulai dari tikungan berkelok-kelok, jalanan yang rusak, terpaan angin kencang, lalu-lintas yang ramai serta suhu panas yang terus menemani selama berkendara.
Melewati sejumlah wilayah yang kaya akan sumber daya alam dan destinasi wisata nan indah memukau. Mulai dari Kota Makassar, Bantimurung, Camba, Bone, Watampone, Sinjai, Bulukumba, Tanjung Bira, Bantaeng, Tana Beru, Tebing Parallang, Jeneponto, Takalar, dan banyak lagi hingga kembali finish di Makassar.
“Kami sengaja pilih lokasi Sulawesi Selatan sebagai etape penutupan NTBN 2024. Karena memang diawali dari Aceh, mewakili Indonesia bagian Barat. Lanjut ke Medan, Padang, Jambi, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Kalimantan hingga finish di Sulawesi Selatan mewakili bagian Timur. Selain itu kami juga selaraskan dengan aktivitas Yamaha Maxi Day, Yogyakarta, dimana Yamaha Nmax Turbo dan Neo merupakan bagian dari keluarga Maxi Yamaha,” papar Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Rifki Maulana, kala makan malam di Café Pinisi, Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/10/2024).
Miliki Ragam Fitur Unggulan
Lantas kalau ditanya, sebenarnya apa yang membuat skutik premium ini enak diajak touring? Banyak fitur pendukung pada motor seharga mulai dari Rp32,7 juta untuk varian dasar Nmax Neo, dan Rp 45,25 juta untuk varian teratas Nmax Turbo, yang membantu kenyamanan berkendara.
Pertama adalah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru, yang disempurnakan dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT). Selain diklaim pihak YIMM teruji andal, kuat, dan memiliki torsi merata pada setiap putaran mesin. Sehingga mampu mendukung berbagai macam kebutuhan bermobilitas.
Selain itu pastinya sesuai nama, dimana mesin YECVT pada skutik ini mampu mempersembahkan rasa berkendara dengan sensasi Turbo. Fitur tersebut tersedia pada varian Nmax Turbo Tech Max dan Ultimate. “Jadi fitur Turbo ini benar-benar terbukti kualitasnya, bukan sekadar gimmick,” tukas Rifki.
Dilengkapi 2 mode berkendara, yakni T Mode (Town Commuting Mode), terutama untuk penggunaan berkendara di perkotaan. Serta S Mode (Sport Touring), terutama untuk penggunaan berkendara yang membutuhkan akselerasi lebih seperti perjalanan ke luar kota. Mengoperasikan fitur ini, tombolnya berada di stang kiri bagian depan.
Kemudian fitur Y-Shift, yang juga tak kalah keren. Memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan, yakni Low, Medium dan High. Dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift di stang kiri bagian depan, di bawah tombol klakson.
Keunggulan fitur ini sangat membantu, ketika pengguna akan membalap kendaraan yang berada di depannya. Menekan tombol hingga posisi High, motor langsung kebut menyalip kendaraan depan. Begitupula saat ingin melahap tanjakan lumayan terjal, dan mengejar rombongan di depan ketika tertinggal sewaktu touring.
Sebaliknya, saat menghadapi jalan turunan lumayan curam, tombol ini berfungsi sebagai deselerasi. Ibarat engine break, atau kalau menggunakan motor kopling seperti turun ke gigi rendah, untuk membantu menahan kendaraan meluncur turun.
Dual Channel ABS dan Fitur TCS
Disamping itu Dual Channel Anti-lock Braking System nya membantu mengontrol pengereman yang optimal. Jadi saling bersinergi, ketika pengguna menekan tombol Turbo, di satu titik harus melakukan pengereman. Maka di sini Dual Channel ABS nya berfungsi.
Sewaktu melintasi kawasan Bantimurung, jalanan berkelok-kelok serta diwarnai perbaikan jalan yang cukup besar karena melibatkan banyak traktor dan truk. Jalanan pun rusak, serta licin berpasir. Berisiko tinggi motor terpeleset, apalagi sehabis hujan. Yamaha Nmax Turbo memiliki fitur Traction Control System (TCS) yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan saat akselerasi.
Belum lagi dengan penggunaan Tubeless Wide Tire, ban tubeles tapak lebar, depan 110/70-13 dan belakang 130/70-13. Menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman saat bermanuver. Rear Sub-Tak Suspension nya ikut membantu performa berkendara jauh lebih nyaman di berbagai kondisi jalan.
Jok empuk, dan pijakan kaki yang memiliki foot rest pastinya ikut memperkuat kenyamanan berkendara selama perjalanan. Belum lagi fitur teknologi yang tersemat, misalnya untuk mendengarkan musik, indikator konsumsi bahan bakar, dan jarak tempuh yang sudah dilalui, serta banyak lagi.
Kembali menyinggung soal NTBN 2024, memang sejak dimulai Juli lalu, telah menjadi aktivitas penting dalam memberikan pengalaman berkendara bersama Nmax Turbo dan Neo, kepada para awak media dan komunitas Maxi Yamaha. Setidaknya 200 bikers di lebih dari 15 kota di Indonesia, telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semua sukses mencatatkan perjalanan sejauh kurang lebih 5.500 km, melibas medan jalan dari ujung Barat hingga Timur Indonesia.
(uda)