Mobil Baru

Tenaga dan Torsi Meningkat, Civic Type R Terbaru Cocok jadi Pure Sport?

All New Civic Type R kini punya tenaga lebih besar dan performa lebih baik secara keseluruhan. HPM
All New Civic Type R kini punya tenaga lebih besar dan performa lebih baik secara keseluruhan. HPM

Autogear.id - Generasi terbaru mobil sport Honda Civic Type R terbaru meluncur di Jakarta (30/3/2023). Mengusung desain agresif dan aerodinamis, mesin bertenaga besar, tipe ini diklaim sebagai model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda. Varian Type R dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap. 

Pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992, sebagai sebuah mobil sport yang berfokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara dari sebuah mobil balap. Setelah itu, varian ini juga pernah hadir untuk model-model seperti Integra dan Accord. Untuk Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada saat ini sudah memasuki generasi yang ke-6.
 
Berbeda dengan varian lainnya, setiap tipe ini memiliki emblem logo warna merah yang sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap yang turun dalam sebuah kejuaraan balap. Untuk semakin menegaskan karakter sebagai sebuah mobil sport, mobil baru ini juga memiliki warna eksklusif yaitu Championship White yang diwariskan dari mobil balap F1.
 
Generasi terbaru model ini pertama kali diluncurkan di Jepang, September 2022, dan diklaim langsung disambut antusias para penggemarnya. Tipe ini mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya. Torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca Juga:
F1 Australia Penuh Drama, Podium Diisi Para Juara Dunia

 
Mobil anyar ini sempat memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dengan mencatat Lap Time  2 menit 23.120 detik. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh generasi sebelumnya. Tak hanya dari sisi performa, model ini kini juga dilengkapi antara lain fitur LogR sebagai panduan berkendara yang dapat diatur secara personal. 

Berfungsi mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat. Pengalaman berkendara dengan kendaraan ini dikatakan kian personal dengan fitur baru yaitu Individual Mode, yang dapat mengatur performa mesin sesuai karakter pengemudi. Selain itu, untuk pertama kalinya fitur keselamatan Honda Sensing juga tersedia pada varian ini.
 
President Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Kotaro Shimizu mengatakan, varian Type R ini dikembangkan sebagai puncak dari mobil sport perusahaannya yang mengusung karakter Pure Sport. “Pertama-tama terinspirasi warisan di trek balap dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap kami. Bangga bisa membawa generasi terbaru dari model ini ke Indonesia. Kami yakin model ini juga dapat disambut baik para penggemar kami,” katanya.
 
Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy menyampaikan, model ini memiliki loyalis di Indonesia. “Hari ini kami juga bangga menyerahkan 10 mobil pertama kepada konsumennya,  dan kami berusaha secepatnya mengirimkan unit-unit berikutnya untuk memenuhi permintaan konsumen,” kata Billy di Jakarta Selatan (30/3/2023).

Baca Juga:
Kondisi Trek Tak Menentu, Alex Marquez Tercepat di Kualifikasi

 
Untuk kendaraan yang baru diperkenalkan ini, tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl. Ditawarkan dengan harga Rp 1,399 miliar on the road DKI Jakarta.


(uda)