Ducati Multistrada V2, Paling Ringan di Kelasnya

Ducati Multistrada V2, Paling Ringan di Kelasnya
Ducati Multistrada V2, Paling Ringan di Kelasnya

Autogear.id – Ducati memperkenalkan Multistrada V2 terbaru, motor crossover ukuran sedang, dirancang untuk pecinta mesin dua silinder. Model 2025 ini mengalami peningkatan signifikan pada sisi keringanan, handling, dan kemudahan berkendara.

Multistrada V2 tetap mempertahankan roda depan 19 inci, menjaga keamanan dan kesenangan berkendara bahkan di aspal yang kasar.

Berkat proyek pencarian bobot paling ringan, berfokus pada rangka monocoque dan mesin Ducati V2 baru, produk ini berbobot 18 kg lebih ringan dibandingkan model sebelumnya.

Berat 199 kg dalam kondisi siap jalan tanpa bahan bakar, menjadikannya teringan di kategorinya. Bermanfaat dalam handling serta kemudahan manuver. Baik dalam keadaan diam, kecepatan rendah, bahkan saat membawa beban penuh.

Ringannya bobot, dikombinasi dengan mesin dua silinder variable valve timing yang responsive. Paket elektronik canggih, serta pengembangan ergonomis dan aerodinamis yang matang.

Desain Multistrada V2

Terinspirasi dari konsep gaya yang telah menjadi ciri khas keluarga Multistrada. Yakni volume seimbang secara horizontal, dengan bagian belakang pendek dan ringan.

Area depan tampilkan garis sporty, elemen seperti bahu, batok depan, dan ‘paruh’ – karakteristik historis Multistrada – kini tampil lebih harmonis.

Seperti semua Ducati, Multistrada V2 juga menggabungkan desain dan fungsi. Centro Stile Ducati merancang garis-garisnya melalui kolaborasi erat dengan teknisi R&D.

Untuk mengintegrasikan solusi aerodinamis, dirancang demi meningkatkan kenyamanan termal dan perlindungan dari elemen cuaca.

Windshield sangat protektif, dapat disesuaikan ketinggiannya. Didefinisikan melalui penelitian aerodinamis yang cermat, termasuk deflektor terintegrasi sempurna ke garis depan.

Menjaga kenyamanan termal, seperti pada Multistrada V4, saluran udara lateral diperkenalkan. Berfungsi membantu arahkan udara segar ke kaki pengendara.

Lampu depan dan DRL baru, terinspirasi dari generasi terbaru Panigale dan Multistrada V4. Ciptakan tampilan depan kompak dan agresif, mudah dikenali. ‘Paruh’ lebih pendek menyatu dengan kaca depan, wujudkan tampilan lebih harmonis.

Lampu sein ramping, menyatu dengan desain panel samping sepenuhnya. Diposisikan ulang menawarkan visibilitas optimal. Sajikan celah antara lampu dan fairing, memungkinkan aliran udara segar menuju pengendara.

Bagian ekor motor dirancang begitu ramping dan ringan, berkat pegangan belakang lebih pendek. Sepenuhnya dirancang ulang, menjamin fungsi dan ergonomi optimal.

Memberi keamanan saat pengendara menapak tanah, motor ini dilengkapi kursi yang dapat disesuaikan pada dua posisi, dengan ketinggian 850mm dan 830mm.

Selain itu, katalog Ducati Performance menawarkan kursi tambahan dengan ketinggian 870mm, dan satu diturunkan menjadi 810mm.

Pada versi S, berkat suspensi semi-aktif DSS (Ducati Skyhook Suspension) dan sistem Minimum Preload, ketinggian kursi malah dapat diturunkan hingga 790mm.

Mesin Ducati V2 Baru

Dibekali mesin 890cc V-twin 90°, berteknologi IVT (variable intake valve timing) dan penarikan kembali distribusi katup coil spring.

Mesin ini sangat ringkas dan ringan-hanya seberat 54,9 kg-berkontribusi penting terhadap pengurangan bobot motor. Menghasilkan tenaga 115 hp pada 10.750 rpm, dan torsi 92 Nm pada 8.250 rpm.

Tenaga pada putaran tinggi, dikombinasi torsi kuat pada putaran rendah dan menengah: lebih dari 70% torsi maksimum sudah tersedia pada 3.500 rpm. Antara 3.500 hingga 11.000 rpm, nilai torsi tidak pernah turun di bawah 75%.

Hal ini juga dikombinasi dengan pembakaran lebih reguler pada putaran rendah, dimana menghasilkan pengiriman tenaga sangat halus pada bukaan gas kecil.

Roda gila, meningkatkan kesenangan berkendara terutama saat touring, atau lalu lintas padat, berkat respon pembukaan gas yang lebih halus.

Rasio gigi telah dirancang khusus Multistrada, dengan gigi pertama dan kedua lebih pendek. Meningkatkan kemudahan berkendara pada kecepatan rendah, dan akselerasi penuh saat membawa beban.

Gearbox ini dilengkapi Ducati Quick Shift 2.0 yang baru, dimana menawarkan pedal yang terasa lebih presisi dan pergantian gigi lebih cepat.

Standar Paket Elektronik

Multistrada V2 baru dapat dikelola melalui kontrol stang yang didesain ulang, dan dashboard TFT warna 5 inci baru. Layar multibahasa sepenuhnya diperbarui, berdasarkan tiga Infomodes berbeda.

Lima Riding Modes tersedia (Sport, Touring, Urban, Enduro dan Wet), memungkinkannya beradaptasi pada berbagai situasi.

Pengaturan tenaga mesin dan respons sesuai nilai yang telah dikonfigurasi sebelumnya, yang dapat diubah melalui empat Power Modes yang telah terpasang.

Riding Modes, juga mengatur sistem cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), dan Engine Brake Control (EBC), ke level yang telah ditentukan, dapat disesuaikan oleh pengendara. Tiga Infomodes (Road, Road Pro, dan Rally) memungkinkan pengendara memanfaatkan dashboard sepenuhnya.

Mengubah informasi yang ditampilkan, untuk pengalaman berkendara terbaik dalam setiap situasi. Contohnya Road Pro, menampilkan persentase tenaga dan torsi yang digunakan secara real-time.

Tunggangan ini juga dilengkapi fitur standar Cruise Control, soket USB yang terintegrasi di dashboard, Ducati Brake Light EVO (mengelola lampu darurat saat pengereman mendadak). Sementara untuk versi V2 S, Ducati Multimedia System, dengan opsi pengaktifan navigasi belokan demi belokan.

Selain itu, fitur Coming Home baru menjaga lampu rendah tetap aktif, setelah motor dimatikan. Menerangi area depan motor, memudahkan pengendara masuk ke garasi rumah.


(uda)