Intip Rangkaian Kejuaraan Balap Mobil Dunia yang Diikuti HRC

Intip rangkaian kejuaraan balap mobil bergengsi dunia yang diikuti oleh HRC - HRC
Intip rangkaian kejuaraan balap mobil bergengsi dunia yang diikuti oleh HRC - HRC

Autogear.id - Mempertegas komitmen dengan berpartisipasi di berbagai ajang olahraga balap mobil dunia tahun ini, Honda Motor Co., Ltd., melalui Honda Racing Corporation (HRC) melanjutkan keikutsertaan di ajang kejuaraan balap dunia Formula 1 (F1), IndyCar Series, IMSA, TCR Series, Super Formula dan Super GT di Jepang.

Pada kejuaraan F1, musim ini Honda melanjutkan kemitraan dengan memberikan dukungan teknis, kepada tim Oracle Red Bull Racing dan tim Scuderia AlphaTauri. Dalam hal ini HRC memproduksi komponen unit daya untuk Red Bull Powertrains (RBPT), sepanjang musim.

Dimana pada musim 2023 lalu, tim Oracle Red Bull Racing berhasil meraih gelar Konstruktor dan Pembalap, dengan mengantongi raihan total 21 kemenangan. Adapun tahun 2024 juga merupakan tahun yang istimewa. Karena sebagai tahun yang memperingati keikutsertaan Honda di ajang balap F1 selama 60 tahun.

Menyangkut Amerika Utara, Honda Performance Development (HPD), yang bertanggung jawab atas kegiatan balap Honda di wilayah tersebut, telah berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC-US). Perubahan ini dilakukan mulai Januari 2024. Penyatuan antara HPD dan HRC tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengembangan motorsport otomotif Honda secara global.

Mobil Balap Baru Civic Type R-GT

Lanjut bicara eksistensi HRC, tahun ini Honda juga akan menyediakan mesin kepada lima tim yang berkompetisi dalam ajang IndyCar Series. Pada IndyCar Series tahun 2023 lalu, Alex Palou dari tim Chip Ganassi Racing berhasil meraih gelar juara dunia, untuk kategori pembalap.

Selain itu, Honda juga akan kembali berpartisipasi pada ajang balap International Motor Sports Association (IMSA), dengan menampilkan merek HRC untuk pertama kalinya. Honda akan kembali mengandalkan Acura tipe ARX-06 di ajang prestisius tersebut, setelah pertama kali digunakan pada tahun 2023.

Sementara untuk ajang balap TCR Series 2024, Honda juga akan melanjutkan partisipasinya pada kegiatan balap mobil turing kelas dunia tersebut. Kali ini Honda kembali mengandalkan mobil balap Civic Type R FL5 TCR nya, untuk menanggok kemenangan.

Bagaimana aksi HRC di Negeri Sakura? Mengenai aksi korporasi balap Honda di Jepang sendiri, mereka bakal turun di ajang balap Super GT, dengan menggunakan mobil balap baru mereka yaitu Civic Type R-GT. Dalam kegiatan tersebut, tahun ini Honda bertekad untuk merebut gelar juara di kelas GT500.

Kemudian masuk ke ajang balap Super Formula, tim pabrikan ini juga akan kembali ikut serta dengan menyediakan mesin balap Honda untuk enam tim. Serta memperkenalkan pembalap baru, yaitu Ayumu Iwasa, yang sebelumnya telah membalap di kejuaraan dunia FIA Formula 2, tahun lalu.


(uda)