Filano Sespan, Unik dan Diklaim Pertama di Indonesia

Modifikasi motor Yamaha Filano sespan ini unik dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia - Medcom.id
Modifikasi motor Yamaha Filano sespan ini unik dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia - Medcom.id

Autogear.id – Kalau sudah bicara selera, untuk menciptakan kendaraan bermotor yang berbeda dari yang kebanyakan, biasanya ide untuk memodifikasi kendaraan tersebut bakalan tidak ada habis-habisnya.

Kendaraan bermotor apa saja bisa dimodifikasi, asalkan diserahkan kepada yang ahlinya. Contohnya saja Yamaha Filano. Kali ini giliran salah satu varian skuter matik (skutik) produksi pabrikan berlogo garputala itu, yang mendapat sentuhan modifikasi dan tampil berbeda. Uniknya, sang modifikator memasangkan sidecar, atau biasa disebut sespan di samping tunggangan tersebut.

Pemilik motor Yamaha Filano sespan tersebut, Atni Priandi, berani mengklaim kalau motornya merupakan Filano pertama yang menggunakan sespan di Indonesia. Dia menjelaskan, untuk membuat sespannya tersebut, harus memboyong motornya ke rumah modifikasi Old Steel Oto, Bandung, Jawa Barat, dengan builder Naldi beserta krunya.

"Konsep sespan ini menggunakan sistep plug and play (pnp), tanpa las atau pewarnaan. Sehingga tidak merusak bentuk dan warna asli dari Filano," ujar Naldi mencoba menjelaskan konsep dari motor milik Atni itu.

Selanjutnya, dengan presisi Naldi membuat sespan yang desainnya disesuaikan dengan desain Filano. Termasuk catnya, yang menyesuaikan dengan warna bawaan motor, warna Cyan.

Secara penempatan, body sespan yang digarap oleh Naldi dan tim didudukan di atas rangka berwarna hitam. Rangka tersebut terhubung kuat ke rangka utama motor. Kemudian pada bagian samping sespan disematkan roda tambahan, yang memiliki ukuran 14 inci.

Supaya tidak terlalu mencolok, roda tersebut dibungkus secara apik dan terkesan manis. Menggunakan spatbor tambahan, yang juga desain dan kelirnya dibuat senada dengan Yamaha Grand Filano. Lalu pada bagian muka sespan dipasangi windshield, yang selain menambah kesan elegan, juga melindungi penumpang sespan dari terpaan angin.

Untuk bagian motor Filano sebagai body utamanya juga tidak mengalami banyak ubahan. Pasalnya, menurut si pemilik motor, kuda besi bermesin matik itu sudah mengantongi desain yang enak dipandang mata.

Sayangnya, baik Atni Priandi maupun Naldi tidak menyebutkan berapa biaya yang harus dihabiskan untuk membuat sespan ini. Tetapi, kalau dari konsepnya, kayaknya motor ini bisa jadi contoh, kalau kepingin punya skutik dengan desain yang unik, namun tetap fungsional, safety dan layak jalan pastinya.


(uda)