Autogear.id – Pabrikan Suzuki di Indonesia belum lama memperkenalkan All New Ertiga Hybrid. Mengaku sebagai MPV (Multi Purpose Vehicle) elektrifikasi pertama di Indonesia, All New Ertiga Hybrid sudah dilengkapi MID (Multi Information Display).
Posisi MID sendiri terletak di dalam Instrument Cluster, dan dapat menampilkan 9 (sembilan) mode informasi berbeda untuk memudahkan pengendara memantau kondisi kendaraan. Menurut Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yulius Purwanto, sembilan informasi berbeda tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.
“Untuk All New Ertiga Hybrid, kami telah memperbarui bagian Instrument Cluster dan juga MID-nya. Melalui MID yang ada di balik kemudi, konsumen dapat banyak informasi sesuai kebutuhan. Seperti energi listrik Smart Hybrid, konsumsi bahan bakar, hingga pergerakan mobil. Desain MID pun dibuat dengan tampilan lebih atraktif dan informatif,” terangnya.
Informasi pada MID Ertiga Hybrid terbaru terbagi dalam 5 (lima) tampilan, yaitu tampilan jam, termometer suhu luar, tampilan informasi utama, posisi transmisi/petunjuk perpindahan gigi transmisi, dan tampilan odometer/jarak tempuh.
Baca Juga:
Spectre, Mobil Listrik Rolls-Royce Mulai Fase Pengujian 2,5 Juta Km
Pada tampilan Informasi utama, pengendara dapat memilih 9 mode tampilan informatif yang berbeda-beda kegunaannya. Pada mode pertama, pengendara dapat melihat konsumsi bahan bakar instan, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan rentang jarak pengendaraan.
Mode kedua, ditampilkan konsumsi bahan bakar instan dan bahan bakar rata-rata per 5, 10 dan 15 menit terakhir. Pilihan mode ketiga, dapat melihat kecepatan rata-rata selama berkendara, kecepatan rata-rata per 5 dan 10 menit terakhir, dan total durasi mengemudi terakhir.
Mode keempat, pengendara bisa mengetahui berapa lama total waktu berhenti dalam kondisi engine stop dan berapa total bahan bakar yang dihemat selama engine stop tersebut. Pada mode kelima, terdapat tampilan jam dan tanggal yang mudah dibaca. Mengintip mode keenam, Suzuki melengkapi informasi pergerakan kendaraan secara aktual dari posisi imaginal pusat gravitasi. Yang dapat dimanfaatkan untuk memantau gaya mengemudi.
Kemudian mode ketujuh, akan ditampilkan grafik visual dari torsi dan daya yang dihasilkan mesin saat dioperasikan. Mode kedelapan, terlihat grafik akselerasi dan deselerasi selama berkendara. Terakhir, atau mode kesembilan, aliran energi yang disalurkan ke roda maupun disimpan ke dalam baterai Lithium-ion dapat terlihat dengan jelas, selain itu pengendara juga bisa mengetahui berapa kapasitas daya listrik yang tersimpan pada baterai.
Jika pengendara memilih untuk lebih fokus berkendara, tanpa membaca 9 macam mode informasi tersebut. Maka layar MID juga dapat diatur menjadi kosong, tanpa tampilan informasi.
(uda)