Mobil Baru

D-Max dan New MU-X Ramai Peminat, Isuzu Indonesia Rebutan Stok

Dua produk Isuzu ini ramai peminat, Isuzu Indonesia harus rebutan stok unit dengan negara-negara lain. IAMI
Dua produk Isuzu ini ramai peminat, Isuzu Indonesia harus rebutan stok unit dengan negara-negara lain. IAMI

Autogear.id - Berembusnya angin segar terkait tumbuhnya pasar komoditas pertambangan, minyak dan gas, serta perkebunan, kiranya berpengaruh pada meningkatnya minat konsumen terhadap kendaraan komersial.

Hal itu berdampak pula pada peningkatan kendaraan pendukung, seperti mobil sport utility vehicle (SUV) Isuzu All New MU-X 4x4, dan pick up double cabin Isuzu D-Max 4x4. Dua model baru yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) November 2021, dan mengaspal di pasar Indonesia sejak Maret 2022.

“Awalnya untuk dua model tersebut, target kami hanya 100 sampai 150 unit per bulan. Ternyata permintaannya sejak Maret - Juni 2022 sudah dua kali lipat, yakni 300 - 400 unit,” tutur Chief Operation Officer (COO) PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Yohanes Pratama, di Pekanbaru, Riau, Rabu (15/6/2022).

Yohanes mengatakan, saat ini Isuzu di Indonesia harus beradu cepat untuk mendapat lebih banyak kuota kiriman MU-X dan D-Max dari Thailand. Keduanya memang laris manis di sejumlah negara. “Tinggal kita cepat-cepatan dengan negara lain, soalnya ini mobil completely build up (CBU),” katanya.

Baca Juga:
Bermain di Pinggiran Jakarta, Servis Motor TVS Bisa di Rumah?

Kendati demikian, pihaknya optimistis, hingga akhir tahun bisa tercapai penjualan 1.200 unit gabungan MU-X dan D-Max. Ia meyakini, dari total market double kabin pickup sekitar 150 unit di Riau, secara jangka pendek pihaknya bisa meraih pangsa pasar 20 persen.

Kepala Wilayah Astra Isuzu Sumatera dan Jawa Barat, Irwan Nawir mengatakan, permintaan akan MU-X dan D-Max model terbaru sangat tinggi. “Bahkan, ada satu perusahaan minyak dan gas membeli 65 unit,” ungkapnya. Namun lanjut Irwan, pihaknya terkendala pasokan. Sejauh ini, antrean inden hingga bulan September 2022.

Diakui, banyak konsumen tertarik dengan model terbaru. Lantaran mesin kompak, tapi tenaga besar. “Walau 1.900cc, tetapi power tembus 150 PS. Sedangkan sebelumnya, bermesin 2.500cc tapi tenaga 136 PS,” ujarnya. Torsi pun lebih bagus, semula 32,5 kg, sekarang 35,7 kg. Lanjut Irwan, meski tenaga lebih gede, namun konsumsi bahan bakar tetap irit, berkisar 14 Km/L.

Performa D-Max model terkini dikombinasi transmisi otomatis baru, dengan 6-percepatan.  Mesin dilengkapi teknologi turbo desain baru, dan pengaturan sudah diatur secara elektrik, atau electric control VGS common rail turbo charger. Keunggulan lain, mesin itu dibekali kapasitas tangki hingga 80 L, berpeluang menguntungkan bisnis pelaku usaha.

Baca Juga:
Dukung KTT G20, UI Serahkan Bus Listrik Karya Anak Bangsa

Adapun All New Isuzu MU-X 4x4 sanggup menembus medan offroad dengan mode Rough Terrain, yang memiliki traksi lebih baik dibandingkan LSD (Limited-slip differential). Model ini juga dilengkapi radiator dan intercooler protection di belakang grill.

Under body protection dari bagian depan sampai belakang MU-X 4x4, membuat pengendara lebih pede ketika berkendara di berbagai medan. Bahkan termasuk melibas sungai dengan kedalaman tertentu. Mengingat MU-X 4x4 teranyar ini punya Water Wading Depth 80 cm.


(uda)