Girls on Track di Formula E, Pemantik Kesetaraan Gender Olahraga Otomotif

Girls on Track di ajang  Formula E, sebagai pemantik kesetaraan gender pada olahraga otomotif - Ilustrasi/IG FIAFormulaE
Girls on Track di ajang Formula E, sebagai pemantik kesetaraan gender pada olahraga otomotif - Ilustrasi/IG FIAFormulaE

Autogear.id – Sesuai agenda yang tertera di kalender FIA, Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E memulai Musim ke-10, di Autodromo Hermanos Rodriguez, Ibukota Meksiko (12-13/1/2024). Hingga saat ini dipastikan sebanyak 22 pembalap kembali beraksi, dan mengandalkan lagi performa Hankook iON Race. 

Direktur Hankook Tire Motorsport, Manfred Sandbichler menyatakan, seluruh timnya antusias menyambut musim kedua Hankook bersama Formula E. Optimis dapat kembali mendukung performa luar biasa para pembalap. “Pengujian sebelum Musim ke-10 telah memperlihatkan, seberapa efektif tim memanfaatkan pengalaman tahun lalu, untuk meningkatkan performa ban lebih lanjut,” ujarnya.

Tambah Manfred, debut iON Race dalam Formula E terbilang sangat sukses. Mendukung semua pembalap dengan performa yang diharapkan, baik saat latihan pagi dengan suhu enam derajat Celcius, maupun balapan dengan suhu 22 derajat Celcius. “Manuver overtake yang spektakuler di akhir balapan menunjukkan cengkeraman tinggi dari Hankook iON Race, meski kondisi lintasan bervariasi," terangnya.

Program Girls on Track

Bertepatan dengan dukungan Hankook iON Race pada kejuaraan balap mobil listrik kelas dunia ini, Beragam konten pendukung hadir menyambut para penggemar di sekitar area Autodromo Hermanos Rodriguez, Meksiko. Misalnya saja, pada lokasi event, pengunjung dapat menemukan informasi menarik dan detail produk Hankook, melalui pameran canggih produsen ban asal Korea Selatan tersebut. Penghargaan terbaru untuk Pengalaman Penggemar Terbaik dalam Formula E yang diterima oleh Hankook, juga menjadi bukti pengakuan terhadap performa mereka.

Pada musim ini, Hankook juga kembali berkomitmen pada kesetaraan gender dalam olahraga otomotif, dengan mendukung inisiatif FIA “Girls on Track”. Program ini dirancang dengan berbagai elemen aktivasi, untuk memberikan kesempatan kepada wanita muda berusia 12 hingga 18 tahun ikut mempelajari lebih lanjut tentang lingkungan kerja di dunia balap.

Bahkan, untuk pertama kalinya, program ini akan hadir di semua lokasi penyelenggaraan Formula E Musim ke-10. Diharapkan lebih dari 1.650 peserta Girls on Track akan berpartisipasi, untuk mendapatkan pengalaman istimewa, dengan satu peserta yang mewakili program tersebut sebagai bagian dari tim di upacara podium setiap balapan.

Tahun Kedua Hankook di Formula E

Diketahui, Musim ke-10 menandai tahun kedua Hankook di Formula E, di mana pengalaman yang telah mereka peroleh menjadi salah satu aset berharga bagi pembalap dan tim. Dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap ban baru Formula E, serta pengalaman yang terkumpul, tim-tim kini memiliki nilai referensi untuk hampir semua sirkuit di Musim ke-10, yang dapat mereka manfaatkan dengan baik. Temuan ini tidak hanya menjadi investasi masa lalu, sekarang para pembalap dan kru kiranya dapat lebih paham, bagaimana mengoptimalkan potensi penuh dari Hankook iON Race.


(uda)