Selami Teknologi Neta X yang Kantongi TKDN 44 Persen

Selami Teknologi Neta X yang Kantongi TKDN 44 Persen
Selami Teknologi Neta X yang Kantongi TKDN 44 Persen

Autogear.id – Banyak fitur berteknologi terkini diboyong oleh Neta X yang sudah mengantongi TKDN 44 persen. Hal tersebut terkuak, saat melakukan uji kendara singkat, mengendarai mobil yang digadang-gadang sudah dirakit di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat tersebut.

Contohnya saja, ketika melewati rute dalam kota Jakarta dan Pantai Indah Kapuk 2, dengan kondisi jalan dipadati kendaraan hingga dilanda kemacetan. Pengguna dapat merasakan karakter premium dari Neta X, beserta kenyamanan tingkat atas yang ditawarkan.

Memang, 80 persen interior Neta X dikatakan Marketing Product Planning Manager Neta Auto, Jordy Angkawidjaja sudah dilapisi bahan soft leather dan alcantara. Membuat kabin terasa mewah dan nyaman, bahkan sewaktu dikendarai menempuh perjalanan jauh.

Area yang memiliki frekuensi tinggi untuk tersentuh oleh pengemudi maupun penumpang, pada mobil kapasitas lima penumpang ini sudah dilapisi 100 persen bahan kulit lembut, guna meningkatkan level kenyamanan berkendara.

Kabin yang lapang menjadi tawaran tersendiri, untuk sebuah SUV Medium, berkat dimensinya sebesar (P) 4.619mm x (L) 1.860mm x (T) 1.628mm, dipadu wheelbase 2.700mm. Seolah menjadi sebuah oasis kenyamanan, di tengah lautan kendaraan yang mengantri untuk bergerak di kemacetan.

“Pengguna tidak perlu khawatir dan risau ketika melintas jalanan rusak dan bergelombang, mobil ini memiliki ground clearance 156mm, dan 50:50 weight distribution yang membagi berat kendaraan jadi merata sehingga mobil mudah dikendalikan,” ungkap Jordy.

Kapasitas Baterai LFP yang Besar

Secara performa, Neta X memiliki output daya maksimum 120 kW (175 hp) dan torsi 210 Nm, untuk memberikan pengalaman berkendara lebih bertenaga. Mampu berakselerasi dari 0 ke 100 Km/h hanya dalam 9.5 detik, dengan top speed 150 Km/h.

Sumber tenaga yang dihasilkan motor listrik Neta X berasal dari baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) kapasitas 63.56 kWh. Dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0, dan bersertifikat IP68+ Sealing Grade, sehingga aman melintasi genangan air.

Paduan performa tinggi dan kapasitas baterai yang besar, membuatnya sanggup menempuh jarak hingga 480 Km, hanya dalam sekali pengisian daya penuh berdasarkan hasil pengetesan NEDC. Baterai juga sudah memiliki fitur Ultra Fast Charging hingga 105 kWh, untuk mengisi daya dari 30 ke 80 persen dalam 30 menit.

Kendaraan ini sudah mengadopsi port charging model CCS2 (Combined Charging System 2), salah satu port charging paling umum dan mudah ditemui pada SPKLU di Indonesia, untuk pengisian reguler maupun fast charging. Juga telah tersedia fitur V2L (vehicle-to-load).

Mengintip bagian depan kabin, terdapat Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen ukuran 15.6 inch. Tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, dan Floating D-shaped Steering Wheel.

Sematkan 11 Sensor Presisi Tinggi

Cockpit cerdas terhubung untuk memberi pengalaman berkendara dinamis. Kian lengkap oleh fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS), serta penyematan 11 High Precision sensor. Di antaranya fitur Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Changing Assist (LCA with BSD), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), memberikan proteksi maksimal saat berkendara.

Kendaraan listrik ini dirancang dengan struktur monocoque dengan high strength steel material. Merupakan konstruksi rangka baja berkekuatan tinggi, memastikan keamanan terbaik dalam setiap perjalanan. Begitu juga disematkannya Anti-Collision Beam di bagian rangka depan, atas dan samping mobil, disertai Door Side Crash Beam.

Sasis Neta X dituning MIRA, merupakan profesional tuner di bagian sasis. Membuatnya lebih stabil, nyaman dan aman penunjang mobilitas harian. Dipadu sistem suspensi independen MacPherson Strut, di bagian depan dan Multi-link Rear Suspension di belakang, memberi kestabilan dalam bermanuver.

Eksteriornya membawa desain avant-garde. Tampilan futuristik dan high tech dengan L-Shape LED DRL, kamera 360 di bagian depan, samping dan belakang. Full LED Headlights dengan Intelligent High Beam, membantu pencahayaan jalan jadi terang. Bagian belakang diperkuat Continuous Tail light, jelas terlihat di malam hari. Tak keltinggalan, Electric Power Tailgate, dapat membuka dan menutup pintu bagasi otomatis.


(uda)