Blackvue DR970X Plus, Kamera Dasbor Pintar Berteknologi AI

Blackvue DR970X Plus, kamera dasbor pintar berteknologi AI
Blackvue DR970X Plus, kamera dasbor pintar berteknologi AI

Autogear.id – Mengimbangi perkembangan teknologi yang kian canggih, kamera dasbor mobil Blackvue kini mengembangkan diri, dengan memadukan teknologi AI (artificial intelligence) di dalamnya.

Hal itu terungkap saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di booth Blackvue Hall B1, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024). Ketika produsen kamera dasbor papan atas ini merilis inovasi terbaru, DR970X Plus.

Dikatakan Direktur Marketing Blackvue, Rudy, bahwasanya dengan produk terbaru mereka yang 4K Plus Series, mereka ingin menghasilkan produk di atas ekspektasi pengguna demi kualitas rekaman video dashcam.

“Sangat banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas video, bukan semata hanya menggunakan teknologi 4K beresolusi tinggi. Kekuatan BlackVue juga terletak pada kemampuan menggabungkan perangkat keras dan lunak. Sehingga menjadi produk yang lebih dari sekadar gabungan bagian-bagiannya,” urai Rudy di JIExpo Kemayoran, Jumat (16/2/2024).

Rudy menambahkan, Seri 4K Plus baru menggambarkan kekuatan tersebut, karena model ini mampu menghadirkan visual fidelity, dan konektivitas cloud terbaik. Sehingga dia berani mengklaim, Blackvue selalu berkomitmen penuh dalam menghasilkan dashcam tanpa kompromi dan reliable.

Dijelaskan DR970X Plus telah memadukan teknologi AI dengan hardware, di antaranya berupa sensor Sony Starvis 2 dan lensa 7 elemen dengan bukaan f/1.7. Juga shutter speed 3x lipat dari biasanya.

Serta ditambahkan penyetelan ulang dan penyempurnaan ISP (image signal processing). Sehingga kamera Blackvue akan bisa membekukan peristiwa (freeze moment). Adapun fungsi AI kamera pintar, yang secara otomatis menyesuaikan pencahayaan ketika kondisi menjadi terlalu terang atau gelap.

Hasilnya, kamera DR970X Plus sanggup menangkap plat nomor dengan sangat jelas, dan menghilangkan keburaman (blur). Baik dalam kondisi siang maupun malam hari. Bahkan dalam kondisi hujan sekalipun, asalkan bukan hujan yang sangat deras.

“Terkait penggunaan kaca film pada kendaraan, juga takkan mempengaruhi kualitas produk terbaru ini. Karena ketika mobil menggunakan kaca film yang terlalu gelap, teknologi AI pada kameranya dapat menyesuaikan. Membuat tampilan lebih terang, begitupun sebaliknya. Jadi tampilan tidak menjadi under atau over cahaya,” ujar Rudy lagi.

Selain itu, DR970X Plus juga mengoptimalkan event buffer dua kali lebih lama. Karena dilengkapi buffer 10 detik, naik 5 detik daripada model sebelumnya. Berarti klip video peristiwa yang direkam saat mengemudi atau parkir, menyertakan rekaman 10 detik sebelum peristiwa terjadi.

Dilengkapi Codec HEVC/H.265, model ini memiliki fitur efisiensi tinggi algoritma kompresi Pengkodean Video. Dimana penggunaan memori tetap efisien dan hemat, walaupun merekam dalam resolusi 4K. HEVC menjaga detail lebih baik, memungkinkan perekaman pada bitrate lebih tinggi yaitu 60 Megabit per detik.

Adanya beberapa fitur ini, selain fitur teknologi lainnya, menjadikan DR970X Plus mengubah definisi kualitas pada video dashcam. Memberikan peningkatan sangat besar dalam penggunaan video sebagai bukti kecelakaan.


(uda)