Wuling GSEV Diperkenalkan Sebagai Harapan Generasi Masa Depan

Wuling GSEV, mobil listrik mungil yang diperkenalkan Wuling di GIIAS 2021 (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
Wuling GSEV, mobil listrik mungil yang diperkenalkan Wuling di GIIAS 2021 (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - Seperti tidak mau kehilangan moment, Wuling Motors pun ikut lebih jauh mengekspos Global Small Electric Vehicle (GSEV), platform mobil listrik yang diciptakan dan dipasarkan oleh Wuling. Apalagi saat kunjungan Presiden Jokowi ke ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, dia sempat menyampaikan, pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan untuk segera dibangun. 

Pemerintah terus mendorong berbagai upaya, untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid di Indonesia. "Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan," ujarnya.

Jokowi pun pada pameran GIIAS yang kali ini mengusung tema ‘Wheels to Move’, sempat bertemu dengan sejumlah petinggi produsen mobil.

"Kita sudah bertemu dengan para CEO, saya sampaikan apa yang jadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang," imbuh Jokowi.

embed

Bicara Wuling GSEV, pihak pabrikan asal Tiongkok ini mengklaim mobil listrik mereka tersebut memadukan beragam pilar, demi menghadirkan mobilitas modern. 

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, Wuling memperkenalkan platform GSEV sebagai langkah selanjutnya. Khususnya dalam persiapan Wuling ikut meramaikan pasar mobil listrik di Tanah Air.  

“Kami berharap, pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran lebih jelas lini produk EV Wuling yang rencananya akan dipasarkan tahun depan. Basis GSEV sendiri telah mendapatkan respon yang baik di pasar Tiongkok dan memiliki beragam lini produk,” jelas Danang di booth Wuling, Hall 3 ICE BSD, yang ikut memamerkan tiga produk berbasis GSEV ini.

Sebagai gambaran, aspek pertama dari Wuling GSEV adalah dimensi kompak dan nyaman. Kompaknya ukuran GSEV membuat kendaraan listrik ini terkesan menjadi mudah untuk parkir. Hal itu juga diakui Kenny Priscilia, salah satu usher yang menjaga pameran di GIIAS 2021.

“Mobil ini kecil, desainnya imut. Kayaknya enak deh kalau mengemudikan mobil ini. Gampang parkirnya, gak ribet”, terang Kenny yang sehari-hari membawa mobil penumpang kelas MPV.

embed

Selain itu, soal warna juga menurutnya Wuling GSEV memiliki pilihan warna menarik. “Ada kuning, hijau, tapi saya suka yang warna pink”, sergahnya.

Meski GSEV tergolong kompak, akan tetapi tidak mengurangi kelegaan kabin yang disajikannya. GSEV memiliki dua konfigurasi bangku yang bisa diaplikasikan, untuk penggunaan sehari-hari, yakni dua bangku dan empat bangku. 

Kemampuan jarak tempuh juga dibuktikan oleh si mungil bertenaga listrik ini. Mulai dari 120km sampai dengan 300km, dengan dukungan pengisian baterai yang relatif mudah dan diperkuat fasilitas pengecasan cepat.

Selain itu, baterai GSEV juga telah dijamin keamanannya, lewat pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof, serta dilengkapi Smart Battery Management System.

Bukan hanya itu, berbagai fitur pintar ciri khas line up Wuling Motors juga tersedia pada GSEV. Mulai dari Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command.

embed 

Rangka baja pada bodi, dan ketersediaan air bag menjadi fitur penopang keselamatan berkendara yang ditawarkannya.

Adapun dalam menyongsong pasar Indonesia, sejak diluncurkan pada 2017 hingga saat ini, GSEV sudah memiliki enam varian. Mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV. 

Dengan kata lain, lini kendaraan listrik dari Wuling ini bisa menjadi pilihan konsumen yang dinamis untuk memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari hingga personalisasi kendaraan.

Terutama yang paling penting, kehadiran Wuling GSEV bisa membawa sebuah semangat dan harapan baru, akan kendaraan ramah lingkungan, demi generasi masa depan.


(acf)