Kendaraan Listrik

Mirip Genset, MG 4EV Bisa Buat Konser Musik

MG 4EV diklaim baterainya bisa bikin konser. MG
MG 4EV diklaim baterainya bisa bikin konser. MG

Autogear.id – Keikutsertaan MG Motor Indonesia pada ajang pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, seraya kembali mensosialisasikan mobil listrik terbarunya MG 4EV. Sebuah varian yang sudah diperkenalkan lumayan lama, tepatnya sejak berlangsungnya pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 beberapa waktu lalu.

Dalam PEVS 2023, mobil listrik tersebut bahkan diseting mendapatkan rekor Musium Rekor Indonesia (MURI), lantaran listrik yang dihasilkan oleh produk ini bisa menggelar sebuah konser musik mini.

Artinya, setelah baterai mobil listrik ini dicas penuh. Kemudian dia dapat dipakai untuk menyambungkan daya listrik ke gitar listrik, sound system, dan perangkat kelistrikan lainnya yang terdapat dalam sebuah konser musik dalam skala kecil.

Kemampuan itulah yang membuat MG 4EV katanya berhak mengantongi rekor MURI. Walaupun sebenarnya sebelum ini, ada mobil listrik merek lain yang mempunyai kemampuan serupa.

Baca Juga:
Sebagai Pilihan, Honda Hadirkan WR-V Transmisi Manual

Mobil merek lain tersebut, apabila baterainya dalam kondisi penuh, dapat disambungkan ke sekitar 4-5 coffee maker bertenaga listrik dan langsung dipakai membuat kopi untuk puluhan cangkir. Apa yang dilakukan mobil-mobil listrik tersebut, dalam dunia otomotifnya sering disebut dengan istilah Vehicle to Load (V2L).

Merupakan fitur yang menghasilkan arus listrik bolak balik atau AC, dan dapat digunakan untuk mengisi peralatan elektronik. Jadi fungsi mobil listrik ini ibarat genset, sebagai perangkat penyuplai tenaga listrik. Diketahui, mobil listrik yang hadir di tanah air ini sebagai model crossover pertama berbasis tenaga penggerak 100 persen listrik.

Diklaim satu-satunya mobil listrik yang menggunakan teknologi Rear Wheel Drive (RWD), dengan power hingga mencapai 125 kW. Artinya dengan power sebesar itu membuatnya disebut-sebut mampu menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,7 detik.

Mobil ini dibekali baterai Lithium Iron Phospate berkapasitas hingga 51 kWh. Bisa digunakan menempuh jarak maksimum 425 km. Baterainya juga diklaim begitu tipis, hanya sekitar 110 mm atau lebih tipis dari minuman kaleng yang tingginya 123 mm.

Baca Juga:
Cara Bangun Usaha Bengkel Motor Dalam 2 Sampai 3 Hari

"Dilengkapi sistem pengisian daya cepat, memungkinkan baterainya terisi penuh dalam waktu relatif singkat. Yaitu 0-80 persen isi daya hanya butuh waktu 35 menit,” ungkap Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin.

Sejauh ini MG memiliki line up model kendaraan listrik MG ZS EV, MG Marvel R Electric, MG5 EV, dan MG 4EV yang terbaru. Secara luas, model-model ini telah memberikan kontribusi pada kehadiran global MG di lebih dari 84 negara, dengan lebih dari 300 ribu kendaraan listrik terjual di seluruh dunia.


(uda)