Suzuki Burgman Street 125EX Tidak Hanya untuk Indonesia

Suzuki Burgman Street 125EX tidak hanya untuk dipasarkan di Indonesia - SIS
Suzuki Burgman Street 125EX tidak hanya untuk dipasarkan di Indonesia - SIS

Autogear.id – Oktober 2023 kemarin, Suzuki Indonesia memperkenalkan Suzuki Burgman Street 125EX. Skutik yang dipasarkan secara global, dan didesain langsung tim desainer Suzuki Motor Corporation (SMC), Jepang. Mengantongi fitur cukup lengkap, dihadirkan untuk menunjang mobilitas keseharian masyarakat.

Motor ini merupakan produk pertama Suzuki, yang menyematkan teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α) di Indonesia. Sejak diperkenalkan ke publik, Burgman Street 125EX diklaim PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meraih tingkat pemesanan yang cukup tinggi. Walaupun konsumen harus rela menunggu beberapa waktu, untuk motor sampai ke tangan.

Lebih jauh dikatakan PT SIS, ide dasar dari motor ini adalah menghadirkan kendaraan yang mewah, stylish,  tetap mengutamakan utilitas, dan bermesin efisien. Dapat digunakan diberbagai negara, dengan karakter kebutuhan pengendara yang beragam.

Mengusung konsep desain “Unassuming Elegance”, mengacu pada kemewahan dan kecanggihan. Skutik 125cc ini memiliki dimensi panjang 1.875mm, lebar 700mm, dan tinggi 1.140mm. Mengedepankan garis tampilan elegan, untuk menunjukkan kualitasnya.

Suzuki Motor Corporation Designer of Burgman Street 125EX, Matsuzawa Shuji mengatakan, kendaraan ini dirancang dan didesain sedemikian rupa. Dipersiapkan dalam menunjang kemudahan, kenyamanan, serta keamanan berkendara. “Kami padukan garis desain elegan, dengan kekayaan konsep pada bodi lewat sejumlah fitur. Mengoptimalkan pengalaman berkendara penuh gaya,” terang Matsuzawa.

Dia menambahkan, dimulai dari keseluruhan desain motor yang elegan dengan garis dynamic body yang cenderung melengkung. Memperkuat kesan  mewah menyasar gaya urban. Desain Unassuming Elegance nya juga dituangkan ke bodi dan rangka motor yang ringan serta rigid. Sehingga  mengurangi bobot kendaraan, guna meningkatkan kenyamanan dan kelincahan saat bermanuver.

Ground Clearance Tinggi

Penggunaan ban depan 90/90, dan ban belakang 100/80, serta velg 12 inci cast aluminium, dikombinasi jarak sumbu roda yang panjang, membuatnya dapat meningkatkan efisiensi sekaligus memberi stabilitas lebih baik secara bersamaan. Baik itu dikendarai di jalanan lurus, berkelok, maupun kondisi jalan kurang nyaman.

Ketinggian jok, floorboard, dan footboards sudah menyesuaikan dengan berbagai tipe tubuh. Termasuk postur masyarakat Indonesia kebanyakan. Floorboard proporsional, membuat posisi kaki lebih fleksibel. Desain cut-away pada bagian belakang, bertujuan memudahkan pengguna naik dan turun dari motor. Posisi duduk dirancang buat lebih rileks, tidak bikin cepat lelah. Ground clearance relatif tinggi, tawarkan rasa tenang melewati beragam kondisi jalan.

Kompartemen depan sisi kiri cukup besar untuk menampung barang pengendara, seperti smartphone. Dilengkapi kontak USB 2A, untuk mengisi daya perangkat elektronik. Terdapat juga kompartemen terbuka di sisi kanan depan, untuk menyimpan barang lain yang tidak membahayakan perjalanan. Mengintip bagian bawah jok, terdapat ruang bagasi kapasitas 21,5L. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang penting, melindunginya dari berbagai kondisi cuaca.

Penggunaan LED untuk lampu depan dan belakang yang terang dan ringkas. Didesain menempati proporsional posisi rendah pada penutup depan, dan menampilkan desain lensa terpisah yang khas. Tujuannya memberi penerangan optimal.

Desain knalpot nan sporty, dengan penyematan garis-garis tajam pada motor ini meningkatkan tampilan khas yang stylish. Memungkinkan roda belakang dilepas dengan posisi knalpot tetap terpasang. Memudahkan ketika motor akan diservis.

“Sebelum diluncurkan ke berbagai negara, kami tentunya melakukan penelitian dan pengembangan detail dan mendalam. Sampai akhirnya berhasil menghadirkan motor ini sesuai kebutuhan masyarakat dunia, di masing-masing negara,” tutup Matsuzawa.


(uda)