Seseruan Motoran Putari Celebes Selatan Bareng Yamaha Nmax Turbo!

Seseruan Motoran Putari Celebes Selatan Bareng Yamaha Nmax Turbo!
Seseruan Motoran Putari Celebes Selatan Bareng Yamaha Nmax Turbo!

Autogear.id - Kalau komentari seseruan bareng Yamaha Nmax Turbo sepertinya tak ada habisnya. Maklum, salah satu motor gacoan dari keluarga Maxi Yamaha ini memang asyik buat diajak seru-seruan di jalan. Tapi tetap mengedepankan berkendara aman, dan nyaman.

Kali ini bercengkerama bareng Nmax Turbo berkeliling Celebes Selatan, atau memutari Sulawesi Selatan selama tiga hari, Jumat-Sabtu (18-20/10/2024). Melahap trek sejauh lebih dari 500 Km. Rute yang cukup panjang, untuk merasakan sensasi berkendara, sambil menikmati ragam fitur yang ditawarkan motor berkapasitas 155cc tersebut.

Apalagi lintasan yang ditawarkan oleh provinsi yang kaya akan sumber daya alam dan wisata ini begitu variatif. Jalan berkelak-kelok membelah hutan, melewati pesisir pantai, tanjakan dan turunan menantang di pegunungan, hingga jalan lurus yang dibumbui hembusan angin cukup kencang dari kiri dan kanan di separuh perjalanan. Belum lagi cuaca panas yang mewarnai sepanjang kegiatan touring.

Daerah-daerah yang dikenal akan sejumlah destinasi wisata, dilalui oleh rombongan event touring bertajuk "Tour Boemi Nusantara 2024" ini. Konvoi yang melibatkan sedikitnya 20 motor, gabungan varian Nmax Turbo dan Neo, melintasi lokasi-lokasi yang dikenal dengan wisata beserta keindahan alamnya. Mulai dari Bantimurung, Camba, Watampone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar dan lainnya hingga kembali ke Makassar.

Permukaan jalan yang halus, dengan pemandangan alam nan mempesona di kanan dan kiri, benar-benar memberikan sensasi tersendiri. Sambil merasakan performa yang ditawarkan dari skutik premium yang dikabarkan pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus melonjak penjualannya. Semenjak diperkenalkan sekitar pertengahan tahun ini.

“Pertumbuhan Yamaha Nmax Turbo dan Neo ini menunjukkan respon yang positif dari waktu ke waktu. Membuktikan kalau performa dan fitur-fitur di dalamnya memang bukan sekadar gimmick. Terima kasih kepada teman-teman media, yang telah membantu menyampaikan informasi tentang Nmax Turbo dan Neo,” ucap Manager Public Relation PT YIMM, Rifki Maulana, saat makan malam di kawasan wisata Pantai Tanjung Bira, Bulukumba (19/10/2024).

Memang sejumlah keunggulan dikantongi motor yang relatif irit. Konsumsi bahan bakar selama dipakai touring mengitari Sulawesi Selatan berkisar 39 - 40 Km/liter. Ini jelas sangat membantu, terlebih untuk sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan khususnya dan beberapa daerah lain di Indonesia, yang SPBU nya cenderung mendapat pasokan BBM tidak semudah di Pulau Jawa.

“Tetapi pada dasarnya, tingkat keiritan konsumsi BBM bervariasi antara satu motor dengan motor yang lain, dilihat pula dari perilaku berkendaranya. Kalau mengendarainya setelah mengerem, langsung spontan tarik tuas gas, biasanya lebih boros penggunaan bahan bakar. Dibandingkan dengan ngegas-nya diurut, dilakukan secara perlahan,” tukas Road Captain touring Nmax Turbo dan Neo pada Tour Boemi Nusantara 2024 Etape Sulawesi Selatan, Zulham alias Culang.

Lantaran rute touring yang dilalui juga bervariasi. Alhasil, optimalisasi penggunaan fitur Turbo Y-Shift terjadi. Memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan, Low, Medium dan High. Begitupun pada mode berkendara T Mode dan S Mode bisa dilakukan secara maksimal bergantian.

Tetapi komponen lain juga mendukung kenyamanan berkendara pastinya. Seperti Dual Channel Anti-Lock Braking System dan Traction Control System yang mengurangi ban belakang selip saat akselerasi. Dan bermanuver di jalan berkelok.

Etape Penutupan Tour Boemi Nusantara 2024

Sulawesi Selatan menjadi etape penutup dari rangkaian Yamaha Nmax Turbo dan Neo Tour Boemi Nusantara 2024. “Nmax Tour Boemi Nusantara kini telah memasuki etape final yang ke-12 setelah sebelumnya sukses mengeksplorasi banyak pulau-pulau besar di Indonesia. Sebagai etape penutup, tentu perjalanan touring kali ini harus terasa spesial,” ungkap Chief Yamaha area Sulawesi, Paulus Paul Himawan.

Lanjut Paulus, maka dari itu, rute yang dipilih pun istimewa. Mengunjungi Bulukumba yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di wilayah Sulawesi Selatan. Tidak hanya sarat akan budaya masyarakat Bugis, tetapi juga menyajikan banyak spot menarik kelas dunia.

Seperti Pantai Tanjung Bira, Tebing Apparallang yang dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi Selatan, Tugu Titik 0 Kilometer Sulawesi Selatan, hingga Kampung Tana Beru yang merupakan sentra produksi kapal pinisi masyarakat Bugis yang sudah sangat melegenda.

“Setelah kegiatan Tour Boemi Nusantara 2024 ini, tentunya kami tidak selesai sampai sini. Karena pastinya masih akan banyak aktivasi yang menunjang keberadaan Yamaha Nmax Turbo dan Neo, sehingga bakal semakin digemari masyarakat pecinta roda dua. Tunggu saja tanggal mainnya ya,” pungkas Rifki.


(uda)