Kopdar Akbar Ratusan Ducatisti di Prambanan Pecah Rekor MURI

305 motor Ducati milik Ducatisti sambangi Candi Prambanan dan pecahkan rekor MURI - Ducati Indonesia
305 motor Ducati milik Ducatisti sambangi Candi Prambanan dan pecahkan rekor MURI - Ducati Indonesia

Autogear.id - Ducatisti di seluruh dunia serentak menggelar ajang We Ride As One, beberapa waktu lalu. Merupakan sebuah event akbar untuk merayakan semangat berkendara, serta solidaritas komunitas Ducati. Seluruh dealer bersama klub resmi Ducati internasional yang tersebar di lima benua sukses menyusun rangkaian acara, membuat rute, dan memilih tempat terbaik di negara masing-masing, untuk berkumpul bersama.

Edisi kedua dari We Ride As One ini melibatkan lebih dari 15.000 Ducatisti dari 50 negara, dengan inti acara adalah parade menggunakan motor Ducati. Menghidupkan dan “memerahkan” jalanan di kota-kota utama di setiap negara.

Seperti di Paris, New York, Cologne, Puebla, New Delhi, Brussels, Ningbo, Pretoria, Tel Aviv, Bogotá, Berlin dan negara lain, bahkan juga di Indonesia. Khusus di Indonesia, Ducatisti ikut memeriahkan kegiatan ini dengan berkumpul di salah satu tempat ikonik paling terkemuka, Candi Prambanan, di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sekitar 305 motor Ducati dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di salah satu situs warisan dunia yang telah diakui UNESCO ini. Selain perseorangan, peserta terdiri dari anggota klub resmi Ducati, yaitu DOCI (Ducati Owner Club Indonesia) dan DSO (Ducati Superbike Owner). Sebagian melakukan touring dari kota Jakarta sehari sebelumnya.

305 Motor Ducati Pecahkan Rekor MURI

Kegiatan riding sekitar 305 motor Ducati tersebut dimulai dari Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta. Dilepas CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto. Konvoi melewati beberapa checkpoint, dengan rute mulai dari Banguntapan menuju ke Baturetno, Bantul. Kemudian ke Sleman, hingga pemberhentian terakhir di Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia.

Terlihat di sela-sela antara reruntuhan arca candi, yang menurut sejarahnya semula dipersembahkan untuk Roro Jonggrang ini, Ducatisti berkumpul untuk saling berinteraksi. Mereka membaur, dan menularkan semangat tentang kebersamaan.

Keindahan arsitektur Prambanan, dan auranya yang magis pun seolah turut menyumbang rasa antusiasme yang hadir. Seakan-akan ikut membiuskan spirit positif, kepada seluruh anggota komunitas yang berada di sana.

Kumpulnya ratusan bikers Ducati ini pun akhirnya menorehkan catatan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia), dengan tajuk penghargaan “Pengumpulan Motor Besar Satu Merek dengan Jenis Terbanyak”.

Kata Jimmy, pencapaian ini diraih bukan hanya karena sukses mengumpulkan 305 Ducati, tetapi juga berkat keberhasilan mengumpulkan seluruh varian untuk mengikuti riding. Mulai dari jenis Superbike, Streetfighter, Diavel, Monster, DesertX, Multistrada, Hypermotard, dan Scrambler.

Memanfaatkan momen gelaran We Ride As One di tanah air, Ducati Indonesia yang kini bernaung di bawah PT. Legenda Motor Indonesia sejak 2022 silam, juga memperkenalkan dua produk terbaru, yakni Ducati DesertX Rally dan Hypermotard 698 Mono.


(uda)