Pameran GIICOMVEC Dorong Peningkatan Ekspor Kendaraan Komersial

Pameran GIICOMVEC dorong peningkatan ekspor kendaraan komersial - IG GIICOMVEC
Pameran GIICOMVEC dorong peningkatan ekspor kendaraan komersial - IG GIICOMVEC

Autogear.id – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, bakal kembali digelar pada 7-10 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan pameran business tp business (B2B) khusus kendaraan komersial ini akan mendapat dukungan penuh, dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyatakan, pertumbuhan ekonomi nasional yang terus mengalami kenaikan positif serta iklim investasi yang semakin kondusif harus dimanfaatkan para pelaku industri. Salah satu faktor vital, dalam membangun bisnis adalah alat dan sarana transportasi yang efektif.

“Saat ini ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah fasilitas luar biasa yang diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antar daerah," ungkap Nangoi di Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024).

Oleh karena itu, lanjut Nangoi, kegiatan usaha semakin terbuka luas. Mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan dan lainnya. "Dengan kendaraan komersial yang tepat dan didukung teknologi terkini, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif dan tentunya menguntungkan,” ujarnya.

Pagelaran pameran kendaraan komersial yang dihelat untuk ketiga kalinya ini, dipersiapkan dalam menghadirkan ragam produk dan teknologi terkini. Dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, maupun pemerintah. Mulai dari kendaraan komersial ringan, kendaraan komersial berat, hingga karoseri.

Penyelenggaraan pameran otomotif B2B ini, menurut Nangoi juga menjadi ajang yang dapat menunjukkan informasi positif, kepada pasar internasional. Serta menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia, yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

“Tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif, dengan 505.134 unit. Dimana 8,18 persennya adalah ekspor kendaraan komersial. Kami konsentrasi penuh, untuk dapat terus meningkatkannya. Dimana salah satu upayanya adalah dengan memberi dorongan positif, lewat penyelenggaraan pameran GIICOMVEC,” jelasnya.

Gaikindo pun berharap, dengan adanya dorongan positif dari penyelenggaraan pameran otomotif ini, angka ekspor tersebut bisa terus bertambah. Alhasil, dapat lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia.

Tahun ini GIICOMVEC akan menempati area pameran seluas 14.000 meter persegi, dan basal mengundang lebih dari 10 ribu trade visitors. Mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial, untuk membuka potensi baru bagi industri kendaraan komersial di Indonesia.


(uda)