Autogear.id – Bersama PT BYD Motor Indonesia, PLN memperkenalkan konsep baru fitur Home Charging Services, dalam upaya mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.
Sebagai salah satu pemain utama dalam industri kendaraan listrik di Indonesia, sosialisasi eksklusif tersebut diluncurkan di booth BYD pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, Hall 6, ICE BSD, City, Tangerang, Banten.
PLN sendiri memperkenalkan empat keunggulan utama, melalui fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile yang dirancang untuk mempermudah layanan Home Charging bagi pelanggan. Pertama, proses pengajuan layanan kini bisa langsung dari aplikasi, tanpa perlu ke kantor PLN.
Kedua, pelanggan diberi fleksibilitas untuk memilih jadwal pemasangan sesuai kebutuhan mereka. Ketiga, pembayaran digital yang terintegrasi, memungkinkan transaksi cepat, aman, dan transparan. Keempat, fitur tracking progress memungkinkan pelanggan memantau status layanan real-time, mulai dari pengajuan hingga instalasi selesai.
“Konsep baru ini dirancang untuk memberi kenyamanan optimal, sekaligus mendukung adopsi kendaraan listrik secara lebih luas. Melalui inovasi ini, kami ingin pastikan masyarakat dapat mengakses layanan Home Charging dengan mudah, cepat, dan transparan,” ujar Manager Pelayanan Pelanggan BUMN PT PLN (Persero), Fikri Praditya di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (22/11/2024).
Kolaborasi dengan BYD juga memperkuat komitmen, untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih kokoh di Indonesia. Dimana tidak hanya kendaraan listrik yang kian mudah diakses, tetapi juga infrastruktur pengisian daya yang mendukung.
Pelanggan tak perlu langsung datang ke kantor PLN untuk memulai pengajuan. Cukup beberapa langkah prosedur sederhana di aplikasi, proses pengajuan dapat dilakukan dari mana saja. Dengan kemudahan ini, pelanggan bisa langsung mengatur kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik ,tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.
Fitur pembayaran digital juga menjadi salah satu inovasi utama yang menyederhanakan transaksi. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi PLN Mobile dengan cepat, aman, dan transparan.
Tidak perlu lagi melalui prosedur yang rumit atau antri di tempat pembayaran. Sistem pembayaran yang terintegrasi ini menjadikan seluruh proses lebih efisien dan memberikan rasa aman, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan yang lebih modern dan praktis.
Untuk memastikan transparansi dan kepuasan pelanggan, PLN hadirkan fitur tracking progress. Memungkinkan pelanggan memantau status layanan mereka secara real-time. Pelanggan dengan mudah mengikuti perkembangan layanan Home Charging, mulai dari pengajuan hingga instalasi selesai.
Selain pengajuan yang mudah, pelanggan kini dapat menentukan jadwal pemasangan paling sesuai dengan waktu luang mereka. Fitur penjadwalan pemasangan memberikan fleksibilitas, memungkinkan pelanggan memilih waktu yang tidak mengganggu aktivitas harian.
Dengan cara ini, pemasangan Home Charging dapat dilakukan dengan lebih terencana, memastikan kenyamanan pelanggan dalam setiap langkah layanan. Pembaruan ini mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan, dan memperkuat ekosistem kendaraan listrik yang terus berkembang di Indonesia.
(uda)