EV Scooter, Motor Listrik Karya Anak Bangsa Garapan PT Pindad

EV Scooter, motor listrik terbaru karya anak bangsa garapan PT Pindad - Pindad
EV Scooter, motor listrik terbaru karya anak bangsa garapan PT Pindad - Pindad

Autogear.id – Maraknya pertumbuhan kendaraan listrik dalam mewujudkan ekosistem elektrifikasi di Indonesia, membuat sejumlah pihak ikut serta di dalamnya. Kali ini giliran PT Pindad (Persero) yang memproduksi kendaraan listrik dalam hal ini motor listrik.

Melalui PT Pindad Enjiniring Indonesia (PEI), PT Pindad resmi meluncurkan motor listrik karya anak bangsa yang diberi nama EV Scooter. Motor listrik yang dapat digunakan pada jarak tempuh 100 Km, hanya dengan durasi pengecasan baterai penuh selama 2-3 jam.

Mengutip dari salah satu unggahan di akun media sosial Instagram @pt_pindad, Sabtu (30/12/2023), launching EV Scooter digelar bertepatan dengan acara silaturahmi akhir tahun jajaran direksi dan karyawan PT Pindad (Persero).

Turut hadir Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa, bersama Wakil Direktur Utama Syaifuddin, Direktur Produksi Budhiarto, dan Direktur Komersial Atih Nurhayati. Di samping jajaran direksi PT PEI dan jajaran VP & GM serta karyawan PT Pindad lainnya.

Dalam keterangannya, Sigit P. Santosa mengatakan, nantinya akan terus memproduksi EV Scooter secara massal. Supaya masyarakat umum dapat menikmati motor listrik sebagai alternatif dari motor berbahan bakar minyak, dan motor listrik lainnya yang sudah beredar di pasaran sebelumnya.

“Hadirnya EV Scooter diharapkan dapat meningkatkan rasa bangga terhadap karya anak bangsa di bidang otomotif. Dimana motor ini merupakan hasil inovasi terbaru dari Pindad dalam bidang otomotif berenergi listrik,” kata Sigit beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, Pindad akan terus mengembangkan motor listrik ini untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk kebutuhan moda transportasi pribadi, maupun sebagai angkutan penumpang atau dalam hal ini layanan ojek online. Juga dirancang untuk berfungsi sebagai kendaraan ekspedisi.

Secara spek-nya, EV Scooter menggunakan BLDC 3 kW. Motor listrik ini menggunakan baterai 72 V 36 Ah. Kecepatan maksimum motor listrik ini 70 km/jam, relative aman dan nyaman dikendarai di jalan raya.

Melansir laman pindad.com, disampaikan kalau PT PEI yang memproduksi EV Scooter merupakan anak perusahaan Pindad yang bergerak dalam bisnis produk industri umum. Perusahaan juga menggarap manufaktur, perniagaan/perdagangan, percetakan, jasa pariwisata, perhotelan, jasa penyewaan excavator serta kelengkapan militer non-lethal.

Sebelum menghadirkan EV Scooter, PT PEI juga telah meluncurkan sejumlah produk, antara lain Road Loko, Motor Cross KLX 250cc, Alkapsus, Amphibious Boat, Videotron, Pertashop dan lainnya.


(uda)