Panelmeter LCD Motor Anti Galau, Boleh Juga Tempelkan Plastik Film

Menjaga Panelmeter LCD motor tetap optimal, perlu diperhatikan cara merawatnya - DAM
Menjaga Panelmeter LCD motor tetap optimal, perlu diperhatikan cara merawatnya - DAM

Autogear.id – Sekarang ini sepeda motor kebanyakan sudah memakai panelmeter berteknologi terbaru, yaitu menggunakan model Liquid Crystal Display (LCD). Panelmeter sendiri memiliki banyak fungsi, di antaranya menampilkan beragam macam informasi seperti indikator kecepatan, tachometer, odometer, fuelmeter, dan gear indicator.

Bahkan pada beberapa varian sudah bisa menampilkan tambahan informasi, seperti jam digital, average fuel consumption, hingga mampu menginformasikan kepada pengguna motor untuk kapan mengganti oli melalui oil change indicator.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, walaupun panelmeter juga terkadang mengalami masalah, bikin galau. Misalnya di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display).

“Kendala sebut saja layar LCD nya mengembun, dan sunburn atau ngeblank. Terkadang muncul kondisi layar panelmeter berkedip, tampilannya memudar. Sehingga mengganggu aktivitas berkendara. Karenanya panelmeter juga butuh mendapat perawatan,” ujar Ade. Adapun beberapa cara merawat panelmeter yaitu :

Jaga Kebersihannya

Sama dengan komponen lain, bagian ini juga harus dijaga kebersihannya. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama, segera cuci dan bersihkan dengan kain lap lembut. Mengelap bagian mika juga menghindari gejala mengembun jika terdapat retakan.

Simpan Ditempat Teduh

Untuk menghindari panel mengalami kerusakan yang disebabkan terpaan sinar matahari. Hendaknya memarkir motor di tempat yang teduh, atau terhindar dari sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, usahakan menutupnya dengan cover atau benda lain yang aman.

Antisipasi lain, bisa lapisi mika panel dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil. Bisa pilih tingkat kegelapan 20 - 30 persen, agar indikator tetap terlihat. Warna plastik film juga banyak pilihan, ada nuansa biru, hijau atau gelap.

Jaga Kondisi Baterai atau Aki

Aki atau baterai kendaraan menjadi salah satu komponen utama. Jika terjadi kerusakan atau tegangan sudah lemah, maka akan merembet pada komponen lain. Salah satunya panelmeter, dengan indikasi berkedip atau penerangannya memudar.

Sebaiknya jaga kondisi baterai, dan cek tegangannya. Jika sudah melemah, bisa melakukan isi ulang, atau ganti baru jika baterai sudah rusak. Sehingga jika kondisi kelistrikannya dalam kondisi normal dan prima, semua komponen terkait kelistrikan juga akan selalu optimal dan awet.


(uda)