Mobil Baru

Perdana, Honda Pamer Si Mini N-Box, Mau Dipasarkan di Indonesia?

Honda N-Box dipamerkan di Honda Dream Cafe yang ada di Senayan. Apakah bakak segera dijual di Indonesia? HPM
Honda N-Box dipamerkan di Honda Dream Cafe yang ada di Senayan. Apakah bakak segera dijual di Indonesia? HPM

Autogear.id – Ada sebuah pemandangan tak biasa pada salah satu sudut ruang Dreams Café, Senayan Park, Jakarta Pusat. Yup, ada satu unit mobil Honda yang belum dipasarkan di Indonesia nongkrong di sana. Mobil model apakah gerangan? Ternyata PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk pertama kalinya memboyong Honda N-Box ke Indonesia, kemudian dipajang di kafe tersebut mulai tanggal 1 hingga 26 September 2022.

Untuk diketahui, N-Box merupakan salah satu kei car Honda N Series yang begitu popular di pasar domestik Negeri Sakura, Jepang. Honda N-Box mempunyai produk konsep sebagai mobil minivan lima pintu, dengan mesin berdimensi kecil, yaitu hanya 660 cc.

Selain itu model ini juga mengadopsi konsep ‘man maximum, machine minimum’, yang digadang-gadang merupakan ciri khas mobil Honda sebagai salah satu pendekatan dasar desain mereka. Yakni ketika Honda meminimalkan ruang pada komponen mekanis, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi ruangan kendaraan.

Dalam komposisi penempatan ruang, tangki bahan bakar N-Box terletak di bawah jok depan. Hal ini kiranya turut berkontribusi pada desain interior N-Box yang lebih minimalis, namun diakui tetap nyaman bagi penumpangnya. Sedikit kilas ke belakang, generasi pertama mobil mini ini diperkenalkan pertama kali pada November 2011. Sejak saat itu mulai dipasarkan hingga Agustus 2017.

Baca Juga:
Semasa Perang Dunia II, Ini Profesi Ratu Elizabeth di Bidang Otomotif

Selanjutnya, Honda Motor Co., Ltd. mulai memperkenalkan generasi keduanya pada September 2017, dengan mesin kecil 660cc yang dilengkapi perangkat turbo. Menariknya lagi, Honda N-Box generasi kedua juga sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih khas Honda, yakni Honda Sensing.

Beberapa tahun kemarin, tepatnya pada 2017, Honda N-Box berhasil meraih gelar Car of the Year dari Japan Automotive Hall of Fame. Setahun kemudian mobil ini kembali meraih penghargaan bergengsi lain, dengan nama yang lumayan panjang. Yaitu penghargaan Technology of the Year Award dari Automotive Researchers' and Journalists' Conference of Japan for Weight Reduction Technology.

Namun kembali mengulik sedikit pertanyaan, mengapa Honda membawa dan memamerkan N-Box ke hadapan publik Tanah Air? Adakah niatan Honda memasarkannya di Indonesia? Apakah Honda tergoda konsep city car seperti merek lain, sebut saja yang terbaru mobil listrik kompak Wuling Air ev? Kita tunggu saja.


(uda)