Usia 7 Tahun, Wuling Perkuat Posisi di Indonesia dan Mancanegara

Usia 7 Tahun, Wuling Perkuat Posisi di Indonesia dan Mancanegara
Usia 7 Tahun, Wuling Perkuat Posisi di Indonesia dan Mancanegara

Autogear.id – Membawa semangat "Melangkah Bersama Indonesia" , Wuling Motors (Wuling) turut memeriahkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE, BSD City, Tangerang (18-28/7).

Bersamaan dengan ulang tahun ke-7 Wuling di tanah air, telah diraih beragam pencapaian. Mulai dari awal peresmian pabrik di tahun 2017, sampai dengan pencapaian yang diraih hingga tahun 2024.

Sebagai gambaran, pabrik dari merek ini di Indonesia telah memproduksi lebih dari 146.000 unit, guna memenuhi kebutuhan mobilitas baik dalam negeri maupun ekspor.

Tercatat, dalam kurun 7 tahun, produsen telah menghadirkan 7 lini produk mobil penumpang. Mulai dari segmen ICE, Hybrid dan EV untuk memberikan berbagai pilihan bagi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam.

Seluruh lini produk yang mereka produksi tersebut pun dibuat secara lokal, di fasilitas pabrik mereka di Indonesia. Didukung lebih dari 150 dealer penjualan dan purna jual,  tersebar di seluruh Indonesia.

“Terima kasih kepada hampir 140 pelanggan di Indonesia. Berkat kepercayaan dari konsumen, membawa Wuling terus berada dalam jajaran otomotif terkemuka di Indonesia," ucap Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana.

Di sisi lain, masuk di segmen EV yang kini semakin ketat, merek ini pun berhasil meneguhkan posisi, dengan torehan angka penjualan lebih dari 20.000 unit di Indonesia secara akumulasi. Alhasil, Wuling EV pun mendominasi segmen kendaraan listrik di Indonesia. Meraih market share 52 persen dari sejak awal tahun hingga Juni 2024.

Wuling EV ABC (Air ev, Binguo EV, dan Cloud EV) dimana ketiganya hadir dalam rangka memberikan beragam pilihan, sesuai kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Lebih lanjut dijelaskan Arif, seluruh lini EV mereka diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Merupakan dukungan perusahaan dalam percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Selain pasar domestik, merek ini juga telah merentangkan sayap selebar-lebarnya, dengan membukukan angka ekspor mendekati 5.500 unit, menyasar 14 negara. Malah sepertiga dari jumlah ekspor tersebut merupakan kendaraan listrik.

Kondisi tersebut menjadikan Wuling sebagai produsen otomotif Indonesia satu-satunya yang mengekspor EV secara utuh ke beberapa mancanegara.

Pabrikan asal Tiongkok ini juga membekali setiap kendaraan listriknya dengan kualitas baterai yang telah teruji keamanannya, untuk seluruh produk yang dipasarkan di dalam negeri maupun ekspor.

Selain keamanan baterai, perusahaan pun telah menjalin kerja sama strategis dengan Gotion Hi-Tech, untuk lokalisasi baterai mobil listrik. Menjadi langkah serius dalam pengembangan industri dari ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Di Indonesia, perusahaan melengkapi setiap kendaraan listriknya dengan Lifetime Core EV Components Warranty, untuk memberikan pengalaman kepemilikan mobil listrik yang bebas khawatir. Merupakan brand EV pertama di Indonesia, yang berani mewujudkan program garansi seumur hidup komponen utama kendaraan listrik.

“Tentunya pencapaian Wuling dalam 7 tahun ini merupakan bukti dari komitmen jangka panjang Wuling di pasar otomotif. Ke depannya, Wuling terus memperkuat EV dan pendukungnya. Baik melalui produk, layanan hingga charging ecosystem," ulas Arif Primadana.

Memasuki masa transisi ini, Wuling juga terus menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pasar Indonesia. Bahkan dipersiapkan menjadi basis ekspor bagi pasar kendaraan setir kanan. "Tentunya tidak ketinggalan, akan ada inovasi baru yang pastinya dapat mewarnai industri otomotif,” pungkasnya.


(uda)