Honda Tembus Jantung Penghasil EV dengan Merilis Ye Series di Tiongkok

Honda tembus jantung negara penghasil EV dengan merilis Ye Series di Tiongkok - HPM
Honda tembus jantung negara penghasil EV dengan merilis Ye Series di Tiongkok - HPM

Autogear.id – Seolah menembus langsung jantung penghasil kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di mancanegara, Honda dipastikan merilis lini model mobil listrik terbaru mereka, Yè Series, untuk meramaikan pasar EV di Tiongkok.

Perkenalan tersebut mengambil momen pameran Beijing International Automotive Exhibition (Auto China 2024) ke-18 yang akan berlangsung pada 25 April – 4 Mei 2024. Dimana pada pameran tersebut, Honda tampilkan secara perdana tiga model pertama dari Yè Series. Yaitu Yè P7, Yè S7, dan Yè GT Concept.

Rencananya seluruh lini Seri Yè akan diperkenalkan di pasar Tiongkok, pada tahun 2027. Karena Honda berencana memperkenalkan total dari 10 model kendaraan listrik mereka di Tiongkok, hingga tahun 2027.

Dijelaskan, seri kendaraan listrik baru Honda ini diberi nama “Yè”, yang memiliki arti bersinar cemerlang. Mewakili keinginan Honda, agar setiap orang yang mengendarai Yè Series dapat mengekspresikan diri, melalui kegembiraan berkendara. Setiap individu bersinar dalam keunikannya masing-masing.

Yè Series merupakan lini terbaru pabrikan asal Jepang tersebut, dalam usaha menggenjot elektrifikasi produk mobilnya di Tiongkok. Dimana diketahui Tiongkok merupakan negara yang menjadi jantungnya produksi kendaraan listrik di dunia. Sebelumnya Honda sendiri telah memiliki Seri e:N.

Lini model Yè Series akan mengusung logo H baru, yang memang dirancang khusus oleh Honda untuk kendaraan listrik terbaru mereka tersebut. Mobil ini dikatakan telah dirancang untuk memberikan nilai tambah bagi para pelanggannya.

Menerapkan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

Dikembangkan untuk berfokus pada pengalaman pengemudi, menawarkan performa berkendara yang disempurnakan, platform EV khusus yang baru, dan teknologi elektrifikasi terkini. Menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI), Yè Series hadirkan ruang bagi semua penumpang menikmati mobilitas dengan nyaman.

Honda Yè P7 dan Yè S7 akan hadir dalam variasi penggerak roda belakang, satu motor listrik, dua motor, serta penggerak empat roda. Variasi penggerak roda belakang dirancang untuk menawarkan pengalaman sporty dan tajam. Kemudian untuk variasi penggerak empat roda, menawarkan tenaga tinggi dan pengendalian yang sangat responsif. Mewujudkan berkendara sesuai keinginan pengemudi.

Dua model tadi diklaim menyajikan kabin yang luas. Desain kendaraan mencerminkan gaya dan citra masing-masing. Yè P7 mengekspresikan gambaran masa depan canggih, dan cerdas. Sedangkan Yè S7 mengekspresikan perasaan masa depan, yang lebih menstimulasi emosional orang yang melihatnya. Keduanya dijadwalkan mulai dijual akhir 2024.

Kemudian model Yè GT Concept, membawa desain konsep rendah dan lebar, sesuai singkatan nama GT atau Grand Tourer. Desain kursi pengemudi dibuat serendah mungkin. Membenamkan pengemudi dalam pengalaman berkendara layaknya pembalap. Membuatnya menikmati rasa menyatu dengan mobilnya. Model ini akan mulai dijual sebelum akhir 2025.

Secara umum, Honda telah menetapkan tujuan global, mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada 2050. Demi mencapainya, dimulai lewat pengenalan model e:NS1 dan e:NP1 pada 2022. Honda berupaya jadikan kendaraan listrik mewakili 100 persen penjualan mobil mereka di Tiongkok pada 2035.


(uda)