Mobil Baru

Porsche 911 GT3 Bakal Punya Saudara Kandung GT3 RS

Porsche 911 punya saudara baru yang lebih ciamik yaitu 911 GT3 RS. PI
Porsche 911 punya saudara baru yang lebih ciamik yaitu 911 GT3 RS. PI

Autogear.id – Dalam waktu dekat ini Porsche 911 GT3 bakal memiliki saudara baru. Meminjam istilah Porsche Indonesia, 911 GT3 akan memiliki ‘big brother’, yakni 911 GT3 RS. Model yang akan diluncurkan tersebut merupakan lini baru teratas dari 911. Bukan hanya kehadirannya, melainkan dalam hal kinerja dan performanya.

Varian paling gres dari Porsche 911 tersebut akan menampilkan putaran roda perdananya di dunia pada 17 Agustus. Bertepatan dengan perayaan ulang tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun penayangan perdana dunia 911 GT3 RS akan dilakukan melalui platform digital, bisa disaksikan oleh penggemar Porsche di Tanah Air. 

Peluncuran Porsche 911 GT3 RS baru akan disiarkan di newstv.porsche.com pada 17 Agustus 2022 pukul 17:00 CEST. Bila ada yang berminat, video juga akan tersedia sesuai permintaan setelah acara. “911 GT3 RS baru bahkan lebih dioptimalkan untuk penggunaan trek dibandingkan pendahulunya,” ujar Director GT Model Line, Andreas Preuninger.

Mesin boxer enam silinder empat liter yang responsif, kata Andreas, secara spontan dengan putaran tinggi menyemburkan tenaga sekitar 500 PS. “Itu boleh dikatakan telah terbukti ideal, untuk digunakan di trackdays dan acara sport club lainnya,” katanya. Itulah mengapa Porsche fokus pada pertanyaan aerodinamis dan sasis dalam pengembangan 911 GT3 RS baru.

Baca Juga:
Hanya Selisih 1,5 Tahun, Versi Facelift Hyundai Palisade Nongol

Pengembangan mobil sport berperforma tinggi ini terinspirasi dari mobil balap 911 RSR dan 911 GT3 R GT yang sukses. Andreas menambahkan, mengenai data konsumsi dan emisi bahan bakar ditentukan sesuai dengan prosedur pengukuran yang dipersyaratkan oleh undang-undang. “Karena semua mobil baru yang ditawarkan oleh Porsche memiliki tipe yang disetujui sesuai dengan WLTP, nilai NEDC diturunkan dari nilai WLTP,” ungkapnya.

Porsche secara detail menjelaskan, informasi lebih lanjut tentang konsumsi bahan bakar resmi dari Porsche 911 GT3 RS, serta emisi CO2 spesifik mobil penumpang baru tersedia selanjutnya. Dimana Porsche akan menyediakannya dalam bentuk publikasi bertajuk 'Pedoman konsumsi bahan bakar, emisi CO2 dan konsumsi daya mobil penumpang baru'.

Itu semua bisa diperoleh secara gratis dari semua outlet penjualan dan dari DAT, Hellmuth-Hirth-Strasse 1, D-73760 Ostfildern.


(uda)