Daihatsu Ajak Berkendara Aman dan Nyaman di Musim Hujan

Daihatsu ajak berkendara yang aman dan nyaman di musim penghujan - ADM
Daihatsu ajak berkendara yang aman dan nyaman di musim penghujan - ADM

Autogear.id - Berkendara di musim hujan membutuhkan persiapan tersendiri. Mulai dari persiapan fisik karena butuh konsentrasi ekstra, kondisi mobil, hingga teknik mengemudi yang baik. Berikut tiga tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

1. Persiapan Diri

Pastikan kondisi kesehatan tubuh tetap fit, karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara.

Kemudian sedia payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu punya atap kanopi, untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

Gunakan baju hangat ketika akan berkendara, dan untuk berjaga-jaga, hendaknya sediakan alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

2. Pastikan Kondisi Kendaraan

Periksa kondisi ban, segera ganti jika karet ban sudah tipis. Alur ban yang masih bagus dapat meminimalisir risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

Cek kondisi karet wiper, komponen ini penting dalam menyapu air dalam menjaga visibilitas ketika berkendara. Periksalah komponen ini secara berkala, dan gantilah dengan yang baru bila kondisi sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini membantu dalam memberi visibilitas, baik bagi diri sendiri atau pun pengendara lainnya.

3. Fokus Selama Berkendara

 Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas. Lampu kendaraan dapat membantu dan memberi tanda bagi pengendara di sekitar.

Selalu jaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain, agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak. Terutama ketika menghindari genangan air, jalanan rusak, dan hambatan eksternal lain.

Tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain. Khususnya kendaraan di belakang kita, yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, berpindah jalur atau berbelok arah.

Bila harus lewati jalan tergenang, tetap tenang, pakai gigi rendah dan RPM stabil. Jaga kecepatan aman, dan perlambat kecepatan ketika lalui genangan air. Menghindari jika ada lubang di jalan, berisiko membuat cipratan air mengenai pejalan kaki atau pengendara lain.

“Kami harap pengguna Daihatsu dapat tetap beraktivitas aman dan nyaman, kendati dalam kondisi hujan. Pastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima, sebaiknya lakukan servis rutin di bengkel resmi terdekat,” ujar Deputy After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Yanuar Krisna.


(uda)