Mobil Baru

Hyundai Ioniq 6, Mobil Listrik yang Terinspirasi dari Kepompong

Hyundai Ioniq 6 sudah bisa dipesan di dealer pabrikan asal Korea itu dengan banderol Rp1,2 miliar. AG-Alun
Hyundai Ioniq 6 sudah bisa dipesan di dealer pabrikan asal Korea itu dengan banderol Rp1,2 miliar. AG-Alun

Autogear.id – Penyebaran ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sejauh ini masih terkendala oleh harga. Rata-rata kendaraan listrik masih memiliki harga yang tinggi, bahkan hingga tembus di atas Rp1 miliar. Seperti Hyundai Ioniq 6 yang secara resmi mengaspal di tanah air. Sudah bisa dipesan di dealer dengan harga Rp1,197 miliar on the road DKI Jakarta. Tersedia pilihan warna Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, dan Biophilic Blue Pearl.

President Director of Hyundai Motors Indonesia (HMID), WooJune Cha, mengatakan kehadiran Ioniq 6 adalah untuk memperkuat di segmen kendaraan listrik dan mobilitas cerdas. Selain itu, model satu ini juga mendukung pemerintah yang sedang mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.
 
"Melalui pengenalan model baru ini, kami sediakan ragam pilihan. Sehingga pelanggan memiliki lebih banyak opsi dalam memilih kendaraan sesuai kebutuhan dan preferensi mereka,” ujar WooJune Cha di ajang GIIAS 2023.

Mobil ini tawarkan desain dinamis, teknologi canggih, dan daya tempuh 500 km. Para insinyur hadirkan desain eksterior dengan Electrified Streamliner yang sporty dan modern. Produk asal Korsel ini memiliki drag coefficient terendah, yaitu 0.21, dan diklaim sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.

Baca Juga:
GT Radial Bekali Sejumlah Komunitas dan Club Mobil Ilmu Tentang Ban
 

Kesan mewah dan futuristis, tampak dari penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang. Serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler. Kemudian sudah menggunakan Flush Door Handles, dirancang untuk mendongkrak aerodinamika.
Sedangkan desain interior, terinspirasi dari bentuk kepompong. Optimalkan legroom dan lantai yang rata, boyong lebih banyak ruang untuk penyimpanan barang. 

Bagian jok dilengkapi fitur Relaxation Comfort Seat, yaitu posisi bantalan dan sandaran kursi, serta penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan. Kursi pengemudi dan penumpang depan dilengkapi pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi. Pengguna bisa menjaga postur tubuh, dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.
 
Sistem hiburan penumpang didukung supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, Bluetooth. Varian ini juga dilengkapi 8 Bose Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting. Performa yang ditawarkan mencapai 239 kW dan torsi 605 Nm. Tenaga ini berhasil tercipta berkat dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive. 

Catatan para insinyur menunjukan akselerasi 0-100 km/jam di 5,1 detik, dan kecepatan maksimal 185 km/jam. Baterai yang digunakan berkapasitas 77,4 kWh, bisa membawa mobil melesat sejauh 519 Km. Sudah didukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V. Mampu mengisi daya kendaraan 10-80 persen, hanya dalam waktu 18 menit untuk daya 10 - 80 persen dengan ultra fast-charger kapasitas 350 kW. Sedangkan untuk AC standard charging dengan daya 7kW butuh waktu pengisian sekitar 12 jam untuk 0-100 persen.

Baca Juga:
All New Honda CR-V, SUV dengan Representasi Teknologi Hybrid Terbaru 

Sektor keamanan sudah ditopang ADAS Hyundai SmartSense, agar bisa memantau area sekitar dan membantu pengguna menghindari potensi bahaya saat mengemudi. Tercatat ada Intelligent Front-lighting System (IFS), Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2), Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Blind-Spot View Monitor (BVM).

Kemudian fitur Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM).


(uda)