Lima Bagian Mobil yang Harus Dicek Usai Dipakai Liburan

Lima bagian mobil yang harus diperiksa setelah dipakai menikmati liburan panjang - ADM
Lima bagian mobil yang harus diperiksa setelah dipakai menikmati liburan panjang - ADM

Autogear.id - Masyarakat siap kembali melanjutkan rutinitas, setelah menikmati momen liburan akhir tahun. Beragam sarana transportasi dipilih, salah satunya tentu mengendarai mobil pribadi. Kendaraan yang sama, yang digunakan sewaktu mengisi aktivitas liburan kemarin.

Menempuh perjalanan lumayan jauh, ditambah kondisi kemacetan. Belum lagi harus melewati medan jalan yang bervariasi, faktor cuaca, dan lain sebagainya. Sehingga sedikit banyak dapat mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri.

Terkait hal tersebut, ada beberapa cara yang dibagikan Daihatsu untuk menyegarkan kembali kendaraan kesayangan. Supaya tetap dalam kondisi prima, setelah digunakan dalam perjalanan jauh dengan durasi cukup lama.

1. Oli

Kendaraan yang dipakai jarak jauh dan waktu lebih lama dari biasanya, umumnya membuat suhu mesin tinggi. Alhasil membuat performa oli menurun, dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat apakah ada atau tidaknya rembesan oli.

2. Kaki-Kaki

Ketika melewati medan jalan yang bervariasi, komponen kaki-kaki pun menyesuaikan. Bahkan bisa jadi dipaksa bekerja ekstra, terutama dalam menopang bodi dan isi kendaraan. Pastikan memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban serta tekanan angin.

3. Rem

Melakukan perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Komponen ini dapat diganti, apabila sudah mencapai batas maksimal. Jangan lupa mengecek minyak rem sesuai rekomendasi pabrikan.

4. Filter Bahan Bakar

Sewaktu perjalanan liburan akhir tahun kemarin, kadang pemilik terpaksa mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan yang direkomendasikan. Akibat menyesuaikan dengan ketersediaan bahan bakar di lokasi yang dilalui. Maka, pastikan pemilik mengecek filter bahan bakar, bila perlu diganti. Meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior dan Filter AC

Selama perjalanan bersama keluarga, sudah lumrah ketika mengkonsumsi makanan dan minuman di dalam mobil. Menyisakan banyak remah-remah dan kotoran di dalam kabin. Maka segera lakukan pembersihan menyeluruh, mulai dari kabin hingga bagasi. Menghindari aroma tak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Selain itu, jangan lupa membersihkan saringan udara AC.


(uda)